Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Aksi Tengil Kiper ke-2 Australia Akan Selalu Dikenang

Kiper ke-2 Australia
Andrew Redmayne, kiper ke-2 Australia di Piala Dunia 2022. (facebook.com/Socceroos/posts)

Murianews, Dhoha – Aksi tengil kiper ke-2 Australia akan selalu dikenang, setidaknya oleh para pendukung Soceroos. Hal itu terjadi pada saat laga play-off interkontenental mereka di Piala Dunia 2022.

Australia dan Peru menjadi dua kontestan play-off yang memperebutkan tiket terakhir Piala Dunia 2022. Kedua tim masing-masing mewakili AFC dan Conmebol, setelah hasil-hasil yang mereka dapatkan di konfederasi.

Pertandingan play-off ini digelar di Al Rayyan, Qatar, Kamis (14/6/2022) lampau. Hasilnya Australia berhasil menang 5-4 melalui drama adu tendangan pinalti, setelah hasil 0-0 di waktu normal.

Di momen adu tendangan pinalti inilah, kisah kiper ke-2 Australia Redmayne memberikan sumbangsih besar bagi timnya. Redmayne menampilkan sebuah ‘sisi lain’ yang akan dikenang.

Saat itu, Australia dan Peru memasuki menit-menit krusial untuk merebut satu tiket tersisa ke Qatar 2022. Pelatih Australia, Graham Arnold dengan instingnya yang luar biasa membuat keputusan mengejutkan.

Pelatih asal Inggris ini secara tiba-tiba menarik kiper utama mereka Matthew Ryan dengan memasukaan Redymayne. Tidak ada masalah sebenarnya pada diri Matthew Ryan yang merupakan kiper berpengalaman di Liga Premier Inggris.

Namun di penghujung laga babak perpanjangan waktu, Redmayne dimasukannya. Sebuah keputusan yang akhirnya sangat tepat, untuk membawa Australia untuk pertama kalinya kembali bermain di Piala Dunia sejak 1974.

Dalam posisi skor 5-4, tim Peru masih menyisakan satu penendang atas diri Alex Valera. Jika tendangannya masuk, maka drama tendangan pinalti akan berlanjut pada kelompok penendang kedua.

Redmayne yang dimainkan secara khusus untuk babak tendangan pinalti ini mulai melakukan ‘aksi uniknya’. Dengan sengaja, Redmayne melakukan gerakan-gerakan yang sekilas seperti menari di bawah mistar gawang.

BACA JUGA: Australia Umumkan Timnya ke Piala Dunia 2022

Kiper cadangan Australia ini bergerak ke kiri dan ke kanan, sambil menaikan kaki secara bergantian. Penendang Peru, Alex Valera sepertinya menjadi tertekan atas aksi kiper itu.

Tendangan Alex Valera kemudian meluncur di sisi kanan Redmayne. Kiper Australia yang brewokan ini berhasil membaca arah tendangan Valera.

Meski tidak sepenuhnya bisa menjangkau, bola tendangan Valera akhirnya membentur tiang gawang kanan Redmayne. Tidak gol, membuat para pemain Australia langsung ‘meledak’ dalam suka cita.

Skor akhir 5-4 untuk Australia akhirnya membuat mereka berhasil menggenggam tiket ke Piala Dunia 2022. Momen ini menjadi sangat istimewa, karena Australia sudah menunggu sejak 1974.

Berkat aksi Redmayne, kini The Soceroos Australia sudah berada di Qatar untuk menjalani pertandingan Piala Dunia mereka. Mereka akan tergabung di Grup D bersama Prancis, Denmark dan Tunisia.

Penulis: Budi Santoso
Editor: Budi Santoso
Sumber: Footballaustralia.com

Ruangan komen telah ditutup.