Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KTT G20

Harapan Jokowi di G20, Menjadi Katalis Pemilihan Ekonomi yang Inklusif

Jokowi saat pembukaan KTT G20 di Nusa Dua Bali Tangkapan Layar

Murianews, Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Jokowi berharap, Presidensi G20 ini bisa menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif dan mampu memberikan kemudahan bagi negara-negara G20 untuk saling berinteraksi.

”Di tengah situasi yang sangat sulit, G20 terus bekerja agar menghasilkan capaian konkret, mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund, membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust, mendorong percepatan pencapaian SDGs,” katanya.

Baca: Buka KTT G20, Jokowi: Saatnya Kita Akhiri Perang

Kemudian Jokowi menekankan jika G20 ini harus menghasilkan ratusan kerja sama konkret, serta mendukung pemulihan ekonomi dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui Bali Compact mengenai transisi energi.

”Kita tidak hanya bicara, tapi melakukan langkah-langkah nyata,” singkat Jokowi.

Setelah itu, Jokowi kemudian mengajak agar para kepala negara ini mempunyai perhatian kepada dunia bahwa negara bisa bersikap bijak, memikul tanggung jawab dan menunjukkan jiwa kepemimpinan.

Baca: Negara G20 Resmi Patungan untuk Tangani Pandemi

“Mari kita bekerja, dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger. Selanjutnya kita mulai dengan diskusi tertutup, saya mohon awak media meninggalkan ruang pertemuan,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Ruangan komen telah ditutup.