Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Bikin Ayam Goreng Tepung Renyah dan Gurih, Gampang Banget lho

Tips Bikin Ayam Goreng Tepung Renyah dan Gurih, Gampang Banget lho
Foto: Ilustrasi ayam goreng (Robert Owen-Wahl dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Daging ayam selama ini jadi salah satu lauk favorit semua kalangan. Tidak hanya orang tua, anak-anak juga suka dengan daging ayam, terutama ayam goreng.

Biar praktis dan cepat biasanya orang tua sering beli ayam goreng di luar rumah. Alasannya bisa saja karena tidak sempat masak.

Namun, ada baiknya sesekali bikin ayam goreng tepung sendiri di rumah. Tentunya, masaknya dilakukan ketika ada waktu senggah bersama keluarga, seperti saat hari libur.

Baca juga: Daging Ayam Mentah Sebaiknya Jangan Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Sebabnya

Belum tahu cara bikin ayam goreng tepung ala restoran? Gak usah bingung.

Begini tips biki bikin ayam goreng tepung selezat bikinan chef di restoran atau kafe, seperti dilansir dari laman Maggi, Senin (14/11/2022).

1. Marinasi Ayam dengan Baik agar Bumbu Meresap

Sebelum memastikan kerenyahan kulit ayam goreng tepung yang Ibu bikin, pastikan rasanya lezat. Jadi, Ibu perlu marinasi daging ayamnya terlebih dulu supaya nggak hanya lezat kulitnya, tapi juga dagingnya.

Caranya, rendam ayam dalam campuran bawang merah dan bawang putih halus, serta penyedap rasa ayam selama 15-30 menit.

2. Manfaatkan Air Es sebagai Bahan Adonan

Tips kedua yang bisa Ibu terapkan adalah menggunakan air es sebagai bahan adonan. Caranya, siapkan tepung secukupnya dalam satu wadah, tambahkan bumbu penyedap rasa ayam, kemudian aduk rata. Setelah itu, bagi adonan ke dalam dua wadah, yaitu untuk adonan cair dan kering.

Nah, air es ini ditambahkan ke dalam bahan adonan cair, Bu. Kenapa perlu pakai air es? Alasannya, semakin dingin suhu air yang digunakan, semakin tahan lama tekstur kriuk ayam gorengnya bertahan.

3. Gunakan Putih Telur Kocok

Cara lainnya, Ibu bisa menggunakan putih telur yang dikocok lepas sebagai bahan adonan cair. Putih telur bisa membuat tepung lebih menempel pada ayam, sehingga kulit ayam goreng tepung yang Ibu buat nggak mudah lepas dari dagingnya. Sementara kalau Ibu pakai telur ayam utuh, ayam goreng tepung Ibu justru bisa melempem dan nggak kriuk.

4. Pilih Jenis Tepung yang Tepat

Selain pakai putih telur atau air es, Ibu juga perlu memilih jenis tepung dan penyedap rasa ayam yang tepat. Sebagai rekomendasi, sebaiknya gunakan tepung terigu karena bisa bikin kulit ayam lebih renyah. Jenis tepung yang perlu Ibu hindari adalah tepung beras karena hanya akan memberikan tekstur renyah saat baru matang. Kalau sudah dingin, ayam goreng Ibu justru jadi keras.

5. Lapisi Ayam dengan Adonan Cair-Kering Dua Kali

Kalau sudah memilih tepung terigunya, saatnya bikin adonan cair dan kering. Adonan cair biasanya terbuat dari tepung terigu yang diencerkan, ditambah bumbu halus, dan penyedap rasa ayam. Sementara adonan kering biasanya hanya terdiri dari tepung terigu.

Nah, sebelum dicelupkan ke dalam minyak goreng segar yang sudah panas, Ibu cukup melapisi ayam dengan tepung sebanyak dua kali, ya. Pertama, lapisi dengan adonan cair, baru dibalut adonan kering. Dengan begitu, tepungnya nggak akan terlalu tebal dan menggumpal. Tepung yang terlalu tebal akan menyerap minyak lebih banyak dan bikin ayam goreng tepung Ibu alot saat dingin.

6.G oreng dengan Cara Deep-Fry

Tahukah Ibu, restoran franchise umumnya memasak ayam goreng tepung dengan metode deep-fry. Apa itu cara masak deep-fry? Ini adalah teknik memasak dengan minyak goreng yang banyak dan panas sehingga seluruh ayam goreng tepung terendam di dalamnya.

Cara masak ini membuat kulit ayam renyah dan dagingnya matang dengan cepat serta merata. Kalau mau mencoba teknik memasak ini, Ibu bisa pakai panci berdiameter kecil supaya ayam benar-benar terendam minyak saat dimasak. Pastikan pakai minyak goreng segar dan suhunya benar-benar panas sebelum ayamnya digoreng ya, Bu.

7. Goreng dengan Cara Double-Fry

Nah, kalau Ibu ragu-ragu mencoba metode deep-fry, mungkin bisa coba cara masak double-fry. Caranya, goreng ayam dengan minyak segar hingga setengah matang. Lalu, tiriskan selama 30-60 detik, dan lanjut goreng kembali hingga matang. Dengan begitu, ayam goreng tepung yang Ibu buat bisa matang merata dan renyah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: maggi.id

Ruangan komen telah ditutup.