Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Ganjar dan Dubes Indonesia untuk Prancis Bahas Ekspor UMKM

Ganjar Pranowo dan Dubes Indonesia untuk Perancis Mohamad Oemar. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Perancis Mohamad Oemar bertemu, di rumah dinas gubernur Jateng, Senin (14/11/2022). Potensi ekspor produk UMKM dibahas dalam pertemuan itu.

Selain soal ekspor UMKM potensi investasi dari Prancis ke Jateng juga dibahas.

”Jawa Tengah ini punya banyak potensi produk-produk yang diminati untuk ekspor ke Perancis ataupun juga potensi bagi Prancis untuk investasi,” kata Oemar usai pertemuan.

Beberapa produk UMKM dari Jateng, yang punya potensi ekspor bagus yakni fashion hingga aksesoris.

Oemar juga melaporkan investasi dari Prancis yang saat ini sedang berproses yakni Pembangkit Listrik Tenaga Bayu yang akan dibuat perusahaan Prancis bekerja sama dengan BUMN di Brebes dan Tegal.

Sementara itu Ganjar Pranowo menambahkan, pertemuan ini sekaligus membahas cara-cara baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan hubungan dua negara di sektor ekonomi.

”Kemarin kita coba dari Solo produk UMKMnya kirim ke Prancis, sudah terjadi. Sekarang sedang menyiapkan untuk pameran besar di sana  metodenya juga baru,” kata Ganjar.

Baca: Keren! Produk UMKM Solo Dipamerkan di La Maison de I’indonsesia Paris

Metode itu sebelumnya dicoba oleh Pemkot Solo. Yakni menyewa satu space di mal sampai 1,5 bulan. Pola itu akan dipakai lagi dengan dorongan dari kedutaan serta memaksimalkan potensi SDM lokal yang ada di Perancis.

”Kita pilihkan mana produk yang betul-betul laik kita kirim ke sana dan sekaligus kira ngajari ya produk-produk kita ini harus siap naik kelas. Jadi kalau mau keluar dan akan dibeli mahal maka kualitas harus nomor satu,” tegasnya

Terkait investasi, Ganjar akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan mengirimkan lagi data dan daftar potensi investasi yang bisa dibawa oleh Dubes Oemar ke Perancis.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.