Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jelang Nataru, IDI Kudus Imbau Masyarakat Antisipasi Covid-19

ilustrasi covid-19. (Murianews)

Murianews, Kudus – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah meminta masyarakat tetap menaati protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah Covid-19. Hal ini seiring semakin dekatnya momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, dokter Ahmad Syaifuddin mengatakan pihaknya memprediksi kasus Covid-19 dapat kembali naik apabila masyarakat abai prokes, seperti tahun lalu.

”Setiap menjelang Nataru dan setelah Nataru mobilitas masyarakat naik. Sehingga menciptakan kerumunan. Saat ini semakin banyak masyarakat yang mulai kendor prokes,” katanya, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, baru-baru ini telah ditemukan varian Covid-19 Omicron XBB. Penularannya juga diklaim lebih cepat.

”Saat ini yang terpapar Covid-19 rata-rata belum vaksin booster. Ada juga yang belum melaksanakan vaksinasi,” sambungnya.

Baca: Enam Pasien Covid-19 di Kudus Meninggal Sebulan Terakhir

Pihaknya juga menyarankan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memperbanyak gerai vaksin. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan vaksinasi.

Dokter Ahmad Syaifuddin percaya pandemi Covid-19 dapat berubah menjadi endemi. Tentunya secara bertahap.

”Saya rasa pandemi dapat menjadi endemi, tetapi berproses. Untuk saat ini masyarakat intinya tidak boleh bosan untuk mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.