Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Baru 62 Kios Terminal Colo Kudus yang Akan Direhab Tahun Ini

Aktivitas wilayah PKL Teminal Colo. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Proses rehab kios pedagang kaki lima (PKL) di wilayah Terminal Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dilakukan secara bertahap. Di tahun 2022 ini, akan ada 62 kios PKL yang akan direhab dan diseragamkan.

Kios-kios itu sebelumnya dibangun secara mandiri oleh para pedagang. Rencananya kios-kios yang akan segera dilakukan proses rehab tersebut, diseragamkan dengan ukuran sekitar 3 x 2,5 meter.

Proses rehab kios akan dimulai pada Kamis (17/11/2022) nanti. Lama pengerjaan, ditarget selama 45 hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah mengatakan, pemerintah berniat untuk memfasilitasi para PKL dengan bangunan kios yang tertata lebih bagus dan rapi. Sehingga sapta pesona di wilayah tersebut akan terwujud lebih baik.

”Baru 62 kios tahun ini, sisanya kami usulkan di APBD tahun depan,” katanya, Senin (14/11/2022).

Baca: Masih Proses Lelang, Rehab Kios Terminal Colo Dianggar Rp 1,9 M

Pihaknya sudah menyosialisasikan kepada para PKL tentang proses rehab yang dilakukan bertahap ini. Saat proses pembangunan, mereka akan direlokasi di sebelah timur terminal yang bisa digunakan untuk berjualan sementara waktu.

”Sudah kami sosialisasikan dan kami jelaskan dengan gamblang, PKL sudah menerima. Apalagi sebelum ini masih ada sekitar 20 PKL yang belum bisa membangun kios mandiri, dengan ini, mereka juga bisa ikut berjualan,” ungkapnya.

Baca: PKL Minta Rehab Kios Terminal Colo Kudus Ditunda, Ini Alasannya

Sebagai informasi, di wilayah Terminal Colo total ada 138 PKL. Saat ini mereka kebanyakan menempati kios mandiri yang mereka dirikan dengan luasan yang berbeda-beda.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.