Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Solusi jika Kick Starter Motor Matik Macet

Foto: Kick starter sepeda motor (federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Kick starter merupakan salah satu komponen yang ada pada sepeda motor. Seiring perkembangan teknologi, selain kick starter, pada sepeda motor juga dilengkapi dengan electric starter.

Dengan electric starter maka proses menghidupkan mesin kendaraan jadi lebih mudah. Pasalnya, tinggal memencet tombol power starter maka mesin langsung hidup.

Ada kalanya, electric starter ini mengalami masalah atau rusak. Jika sudah begini, mau tidak mau harus menyalakan motor dengan kick starter.

Baca juga: Ini Tips Merawat Tombol Starter Motor agar Tetap Awet dan Tidak Perlu Genjot Kick Starter

Namun, kick starter biasanya juga bisa macet ketika hendak digunakan. Lantas bagaimana solusinya?

Melansir dari Federaloil, Sabtu (12/11/2022), penyebab kick starter yang susah digunakan adalah karat. Hal ini berdampak pada per stopper pemegang penghubung gir selah dan gir primer mulai berkarat.

Bila sudah keras jangan dipaksakan bekerja, solusinya adalah dengan cara membongkar blok CVT. Bersihkan bagian penghubung gir dengan memakai kuas dan angin bertekanan tinggi ( kompresor ).

Agar semakin lancar dan tidak keras lagi, gunakan gemuk alias grease pada per stopper dan alir gir agar tetap licin.

Untuk perawatan komponen ini juga harus secara rutin dilakukan setidaknya setiap 6 bulan sekali atau setiap 8.000 km dengan melepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke bawah.

Selamat mencoba ya. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis rutin motor kesayangan kamu.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.