Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

232 Calon Haji Grobogan Mengundurkan Diri

232 Calon Haji Grobogan Mengundurkan Diri
Suasana persiapan pemberangkatan kloter empat jemaah calon haji asal Kabupaten Grobogan di Pendapa Kabupaten Grobogan. (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Tercatat 232 calon haji Kabupaten Grobogan mengundurkan diri. Catatan itu terjadi sejak Januari 2022 hingga 7 November 2022.

Itu diungkapkan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Grobogan Rois Kamdani, Sabtu (12/11/2022). Ia menyebut ada bermacam alasan mereka mengundurkan diri.

Adapun alasannya, karena sudah meninggal dunia, faktor ekonomi, dan masa tunggu yang lama. Kepada mereka yang mengundurkan diri, uang pendafataran pun dikembalikan 100 persen.

’’Ya dikembalikan 100 persen,’’ lanjutnya.

Baca: Alasan Ekonomi Dominasi Pengunduran Diri Calon Haji di Boyolali

Rois menyebutkan, masa tunggu haji di Grobogan kini mencapai 32 tahun. Dengan kata lain, jika mendaftar tahun ini, diperkirakan berangkat sekitar tahun 2050.

’’Antreannya paling lama 32 tahun. Jadi kalau daftar sekarang, kira-kira baru berangkat tahun 2050-an,’’ imbuhnya.

Sementara, jumlah total antrean haji di Grobogan mencapai 32 ribu orang. Rois mengatakan, rata-rata per hari ada 5-15 pendaftar. Sedangkan, per bulannya, rata-rata ada 200-300 orang mendaftar haji.

Baca: Kemenang Catat 115 Calon Haji Asal Boyolali Mengundurkan Diri

Rois mengatakan, untuk mendaftar haji, saat ini pembayaran di muka sebesar Rp 25 juta. Sisa pelunasannya dibayarkan pada saat menjelang keberangkatan.

’’Satu porsi Rp 25 juta. Pelunasan tunggu berangkatnya,’’ katanya.

Untuk tahun ini, total biaya haji sebesar Rp 40 juta. Dengan uang muka Rp 25 juta, sisa pembayaran pada saat pemberangkatan yakni Rp 15 juta.

Pihaknya memperkirakan, biaya tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan biaya tahun ini.

’’Biaya haji itu sebenarnya kan Rp 98 juta. Tapi karena disubsidi pemerintah, bayarnya hanya Rp 40 juta. Kemungkinan tahun depan besarannya tidak jauh dari itu,’’ paparnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.