Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Hanya Gesit, Satpam Sukun Juga Jago Rebana

Grup rebana Satpam Sukun saat tampil beberapa waktu lalu. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – PT Sukun Wartono Indonesia mempunyai satuan pengamanan atau Satpam yang multitalenta. Selain sebagai garda terdepan yang gesit menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan perusahaan, para personel satpam Sukun juga memiliki keahlian dalam bermain rebana.

Bahkan mereka memiliki grup rebana Satpam Sukun yang sudah sangat sering mengisi berbagai macam kegiatan baik internal perusahaan, hingga masyarakat sekitar.

Ketua Grup Rebana Satpam Sukun Mokhamad Yusuf menceritakan awal mula berdirinya grup rebana Satpam Sukun. Grup rebana itu mulai ada sejak Oktober 2019.

Kala itu, jajaran satpam Sukun tengah mencari grup rebana dari luar untuk memeriahkan hajat satpam Sukun yang ke-39 untuk akhir Desember 2019. Namun saat itu, dirinya menawarkan untuk menampilkan rebana dari personel-personel satpam.

”Akhirnya usulan diterima menggunakan rebana dari personel satpam,” katanya, Sabtu (12/11/2022).

Baca:Jejak PS Sukun di Kancah Sepak Bola Indonesia (1/3)

Setelah itu, pihaknya langsung menindaklanjutinya dengan mencari personel yang bisa kesenian rebana. Hingga berlanjut ke latihan yang dilakukan rutin untuk mempersiapkan acara HUT satpam Sukun.

”Karena saat itu memang diminta menunjukkan, dan terus latihan, jika dirasa cocok dan bisa bagus baru dipersilahkan mengisi cara ulang tahun satpam Sukun,” ujarnya.

Persiapan yang dilakukan cukup lama pun akhirnya menuai hasil positif. Personel satpam Sukun akhirnya dipersilahkan untuk mengisi hajat hari ulang tahun satpam yang ke-39.

Dan siapa sangka setelah mengisi acara tersebut, akhirnya banyak karyawan dan masyarakat umum pun tetarik untuk melibatkan satpam Sukun untuk mengisi berbagai macam hajat, seperti khitanan, walimatul tasmiyah, hingga hajat pernikahan.

Baca: Ramadan, Napi di Rutan Kudus Rajin Ngaji dan Belajar Rebana

Uniknya, selain menggunakan baju koko, grup rebana satpam Sukun juga sering tampil menggunakan seragam lengkap satpam.

”Tergantung permintaan yang punya hajat, ingin pakai seragam baju koko yang diberikan dari direksi, atau pakai baju satpam kami juga siap,” ungkapnya.

Grup rebana satpam Sukun sempat vakum saat ada pandemi Covid-19. Meski demikian, saat Covid-19 mulai reda di tahun 2022 ini, rebana satpam Sukun kembali eksis, dan disupport penuh dari perusahaan.

”Permintaan mulai banyak lagi, satu bulan sekitar 3-4 itu bisa waktu masuk bulan yang banyak hajat. Paling jauh di Jepara,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.