Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Covid-19 Naik Lagi di Kudus, Rumah Sakit Aktifkan Ruang Isolasi

Ruang pemantauan pasien Covid-19 di RSUD Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah naik lagi setelah sekian lama landai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menginstruksikan semua rumah sakit di Kudus untuk menyiagakan kembali ruang isolasi Covid-19.

Angka kasus Covid-19 di Kudus kini sudah tembus 104 kasus positif. Di mana sebagian besar pasien menjalani isolasi mandiri.

Bupati Kudus HM Hartopo mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait hal ini. Semua fasilitas kesehatan (faskes) pun dilarang menghabiskan tempat tidurnya hanya untuk pasien umum saja.

”Harus ada tempat tidur isolasi untuk pasien Covid-19, sekarang sudah mulai naik lagi,” kata Hartopo, Sabtu (12/11/2022).

Dia pun juga menginstruksikan kepada faskes untuk melakukan swab antigen terlebih dahulu pada para pasien yang akan masuk ke rumah sakit. Karena inilah, diketahui ada kenaikan kasus.

”Kemarin kan sempat lengah, ternyata setelah dilakukan swab antigen ternyata banyak,” ujarnya.

Baca: Kasus Aktif Covid-19 di Grobogan Capai 110 Orang

Hartopo pun mengajak semua elemen di Kabupaten Kudus untuk kembali melakukan pengetatan protokol kesehatan. Utamanya terkait pemakaian masker di tempat umum.

Terkait jenis virus Covid-19 yang ada di Kudus saat ini, Hartopo mengungkapkan jika variannya masih didominasi oleh omicron. Di mana gejalanya tidak terlalu parah seperti varian delta beberapa waktu lalu.

”Memang saat ini tidak semengerikan delta, namun jangan sampai lengah, karena Covid-19 ini belum mereda, mari kembali lagi tegakkan protokol kesehatan,” tegasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.