Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siswa SD di Kudus Bakal Divaksin DT-TD, Ini Fungsinya

Ilustrasi: Salah seorang petugas kesehatan melakukan suntik imunisasi. (Murianews)

Murianews, Kudus – Siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah bakal divaksin DT (diphteria tetanus) dan TD (tetanus diphteria) bulan ini. Vaksin atau Imunisasi tersebut sebagai pencegahan penyakit infeksi.

Sebagai informasi, imunisasi DT merupakan imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi. Seperti difteri, tetanus dan batuk rejan atau pertusis. Sedangkan imunisasi TD (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT.

Di Kota Kretek sasaran imunisasi DT yang merupakan kelas 1 SD/MI sebanyak 14.549 siswa. Sedangkan sasaran imunisasi TD untuk siswa kelas dua dan kelas lima SD/MI sebanyak 29.300 siswa.

”Pelaksanaan imunisasi DT-TD di November tahun ini. Bedanya di komposisinya saja. Penyuntikannya nanti oleh pihak puskesmas,” kata Sub Koordinator Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad, Sabtu (12/11/2022).

Baca: Imunisasi MR di Kudus Hanya Kurang 464 Siswa

Imunisasi DT diberikan untuk siswa SD/MI yang duduk di kelas satu. Sedangkan imunisasi TD diberikan ke siswa kelas dua dan lima SD/MI.

”Dilakukan satu kali penyuntikan. Nantinya semua SD/MI di Kudus akan diimunisasi DT-TD,” sambungnya.

Aniq berharap semua sasaran imunisasi dapat tervaksin DT-TD. Sehingga dapat memberikan kekebalan tubuh siswa terhadap penyakit infeksi. “Harapan kami semoga sasarannya dapat tervaksin semua,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.