Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mengenalkan Masakan Pedas ke Anak yang Perlu Diketahui Ibu-Ibu

Ini Cara Mengenalkan Masakan Pedas ke Anak yang Perlu Diketahui Ibu-Ibu
Foto: Ilustrasi masakan pedas (thepassenger dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Anak kecil biasanya enggan makan menu masakan yang pedas. Pasalnya, saat makan pedas bisa bikin mulutnya terasa panas.

Bahkan, sebagian anak ada yang sampai menangis ketika tidak sengaja makan makanan pedas. Hal ini akhirnya membuatnya trauma untuk makan menu yang pedas-pedas.

Perlu diketahui, agar anak mau makan masakan pedas tidak bisa dilakukan langsung begitu saja. Sebaiknya perlu dikenalkan terlebih dahulu sedikit demi sedikit agar lidahnya terbiasa.

Baca juga: Ini Tips Ungkep Ayam untuk Resep Masakan Rumahan yang Perlu Diketahui

Melansir dari Maggi.id, berikut cara mengenalkan masakan pedas pada anak.

Mulai dengan Mengenalkan Rempah

Sebagai langkah awal, Ibu bisa mengenalkan cita rasa pedas melalui rempah-rempah, seperti lada dan jahe. Ibu juga bisa menambahkan sedikit lada saat bikin telur ceplok untuk menu makan siang anak, lho. Jadi, anak mulai mengenal rasa pedas dari level yang paling ringan.

Gunakan Cabai Tanpa Biji

Setelah anak familier dengan rasa lada, Ibu bisa mulai mengenalkan cabai. Pertama, mulai berikan cabai hijau besar tanpa biji. Kenapa? Cabai hijau besar kan, rasanya nggak sepedas cabai merah, cabai rawit, maupun cabai keriting.

Lalu, kalau Ibu khawatir cabai hijau besar masih terlalu pedas meski bijinya sudah dibuang, coba bersihkan bagian urat putih tempat biji cabai menempel untuk mengurangi rasa pedas.

Kenalkan Level Pedas secara Bertahap

Setelah coba poin kedua, Ibu bisa menaikkan level pedasnya secara bertahap. Kalau anak sudah bisa menikmati sajian pakai cabai hijau, Ibu bisa mulai mengenalkan cabai merah besar tanpa biji.

Saat Ibu bingung mau masak apa besok, coba bikin Telur Putih Balado. Saat penyajian, Ibu bisa menyisihkan cabai dari telur yang akan disantap anak. Ibu juga bisa mengajak anak mencicipi sambal sedikit demi sedikit aja.

Tambahkan Bahan Lain untuk Mengurangi Rasa Pedas

Melihat warna merah dari cabai dalam masakan mungkin bikin anak sedikit khawatir, bahkan sebelum mencobanya. Nah, saat sudah tahu mau masak apa besok, Ibu bisa membantunya mencoba masakan pedas dengan menambahkan bahan lain.

Selain menyisihkan potongan cabai supaya nggak tergigit oleh anak, Ibu bisa menambahkan potongan mentimun di piringnya. Memakan potongan mentimun bisa membantu mengurangi sensasi pedas di lidah anak. Kalau bikin makanan berkuah seperti soto, Ibu juga bisa menambahkan air di mangkuk soto anak supaya rasa pedasnya tidak terlalu kuat.

Berikan Cita Rasa Gurih ke Masakan Pedas Ibu

Supaya anak lebih menikmati makanannya, pastikan masakan Ibu nggak hanya terasa pedas, tapi juga gurih. Caranya bisa dengan menambah penyedap masakan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: maggi.id

Ruangan komen telah ditutup.