Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Godog Raperda Pesantren, DPRD Pati Gelar Public Hearing

Godog Raperda Pesantren, DPRD Pati Gelar Public Hearing
DPRD Kabupaten Pati menggelar public hearing Raperda Pesantren, Jumat (11/11/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menggelar public hearing terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pesantren, Jumat (11/11/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin mengatakan, beberapa tokoh diundang dalam kegiatan itu. Mereka dimintai masukan agar Raperda Pesantren benar-benar bermanfaat.

’’Kami undang semua tokoh Islam, baik dari PCNU, Muhammadiyah dan beberapa tokoh Islam di Kabupaten Pati lainnya,’’ tutur Ali.

Menurutnya, proses pembuatan aturan itu merupakan bukti pihaknya peduli terhadap Pondok Pesantren. Pihaknya berharap Perda itu bisa membantu dan mengembangkan pondok pesantren di Kabupaten Pati.

Baca: Kebut Raperda Pesantren, DPRD Pati Diminta Gandeng Ponpes

Setelah public hearing, Raperda inisiatif Komisi D itu masukan-masukan akan disinkronisasikan pada 14 November 2022. Masukan yang disampaikan disaring untuk penyempurnaan Raperda Pesantren.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Pati KH Yusuf Hasyim yang hadir dalam acara itu menyampaikan apresiasi terhadap DPRD Kabupaten Pati lantaran sudah mengupayakan Raperda Pesantren.

Ia berharap dengan adanya Raperda ini, pondok pesantren semakin mandiri dan semakin berkembang, bukan sebaliknya.

’’Jangan sampai munculnya Raperda ini justru mengganggu entitas pesantren itu sendiri,’’ kata dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.