Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Perintahkan Gerakan Jumat Bersih Kembali Digalakkan

HM Hartopo, Bupati Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan semua elemen di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk menggalakkan kembali gerakan Jumat Bersih. Alias gerakan kerja bakti di hari Jumat.

Gerakan tersebut, menurut Hartopo sejatinya masih dilakukan hingga kini. Namun tidak semasif awal-awal gerakan tersebut dimulai.

”Nanti digalakkan kembali dan ditingkatkan kembali gerakan tersebut kalau memang dirasa kurang jalan,” kata Hartopo, Jumat (11/11/2022).

Para camat dan kepala desa se-Kabupaten Kudus pun diminta untuk meneruskan instruksi ini hingga ke tingkat desa. Dengan begitu diharapkan tidak ada problem dalam hal kebersihan lingkungan.

Baca: Sampah Menumpuk di Sungai Kudus Ini Bikin Talut Jebol dan Banjir

Khusus untuk masyarakat di daerah hulu, Hartopo meminta untuk tidak membuang sampah di sungai. Baik itu sampah rumah tangga maupun sampah ranting, nantinya akan bermuara ke bawah dan menyebakan banjir.

”Karena seringnya kan tersangkut di jembatan-jembatan dan mengakibatkan banjir, nah ini kami harapkan jangan lah seperti in, semua demi kenyamanan bersama,” ungkapnya.

Banjir limpasan akibat sampah yang menyangkut di sungai juga baru saja terjadi di Dukuh Klisat, Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Akibatnya, air sungai pun sempat limpas karena tanggul penyangga sungai, jebol pada Kamis (10/11/2022) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya, untuk total kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 40 juta.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.