Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Indonesia akan Ekspor Minyak Sawit Mentah ke China Sebanyak 1 Juta Ton

Indonesia Balam Ekspor Minyak Sawit Mentah ke China Sebanyak 1 Juta Ton
Ilustrasi buah sawit. (Bisnis.com/Arief Hermawan P)

Murianews, Jakarta – Indonesia akan melakukan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sebanyak 1 juta ton ke China. Ekspor tersebut setelah pengusaha Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan pengusaha China.

Penandatanganan dilakukan di Kementerian Perdagangan Indonesia dan Kementerian Perdagangan China.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral antara kedua negara pada akhir Juli lalu. Saat itu, China berkomitmen untuk membeli 1 juta ton CPO Indonesia.

”Saya berharap penandatanganan ini dapat diwujudkan dalam bentuk nyata untuk meningkatkan ekspor produk CPO dan turunannya serta produk perikanan RI ke RRT,” katanya, dikutip dari Detik.com, Jumat (11/11/2022).

Baca: Kemendag Berikan Tiga Syarat untuk Ekspor CPO dan Sawit

Selain itu, Zulhas juga meminta agar China bisa mempermudah proses ekspor barang-barang dari Indonesia untuk mengisi pasar China. Dengan begitu, diharapkan juga kerja sama kedua negara bisa terus menguntungkan.

”Secara khusus kami mengharapkan bantuan Kemendag Tiongkok dalam upaya penanganan ekspor produk Indonesia ke RRT dan kemudahan bantuan kemudahan untuk masuk ke pasar RRT. Kami juga berharap dukungan dan peran serta pemerintah Tiongkok dalam meningkatkan kerja sama perdagangan yang seimbang saling menguntungkan dan berkesinambungan bagi kepentingan kedua negara,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri dan Deputi Perdagangan Internasional Tiongkok Wang Shouwen, mengatakan mengakui bahwa Indonesia sudah menjadi sumber minyak kelapa sawit untuk China selama 7 tahun berturut-turut. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral, baik untuk impor CPO dan lainnya.

Baca: Petani Sawit Mengeluh Rugi Hingga Rp 11,4 Triliun Imbas Larangan Ekspor CPO

”Kami akan terus memperluas produk pertanian unggul dari Indonesia ke dalam pasar dan perbanyak impor dari Indonesia. Kami juga berharap Indonesia menjaga kestabilan kebijakan perdagangan dan mendorong perdagangan serangkaian produk pertanian seperti minyak kelapa sawit dan lain-lain,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.