Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PDAM Jepara Akui Sulit Tingkatkan Pelayanan

PDAM Jepara Akui Sulit Tingkatkan Pelayanan
PDAM Jepara saat menyalurkan bantuan air bersih. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jepara – PDAM Jepara atau Perumda Air Minum Tirta Jungporo mengaku kesulitan meningkatkan pelayanannya. Permintaan perbaikan pelayanan sendiri disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

Di mana, saat itu PDAM Jepara mengajukan rencana kenaikan tarif pelanggan. Namun, permintaan itu ditolak dan PDAM Jepara diminta memperbaiki serta meningkatkan pelayanannya.

Direktur Utama PDAM Jepara, Sapto Budi Riyanto mengatakan tak mudah meningkatkan pelayanan. Ada banyak faktor yang membuatnya tak bisa berbuat banyak. Apalagi, Pj Bupati meminta layanan kepada pelanggan ditingkatkan minimal 80 persen harus puas.

’’Ini sebenarnya sangat berat bagi kami. Sebetulnya bisa. Tapi pasti hasilnya tidak signifikan,’’ ungkap Sapto, Kamis (10/11/2022).

Baca: Kenaikan Tarif Ditolak, PDAM Jepara Terancam Bobor

Sapto mengatakan, sebenarnya PDAM Jepara bisa saja meningkatkan pelayanan secara signifikan. Namun, itu perlu modal yang cukup. Bila tanpa modal yang cukup, tuntutan itu sulit diwujudkan.

Untuk 2023 nanti, Sapto sudah mengajukan penyertaan modal atau meminta tambahan modal kepada pemerintah. Namun, dikabulkannya permintaan itu masih tertutup kabut.

Penyertaan modal untuk PDAM Jepara bisa dilakukan lewat APBD 2023. Sedangkan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2023-2027 yang dijadwalkan diputuskan kemarin, Rabu (9/11/2022), itu batal diputuskan dalam rapat paripurna. Eksekutif dan legislatif sepakat untuk memperpanjang pembahasan Ranperda itu.

Lewat Ranperda itu, PDAM Jepara mengusulkan tambahan modal Rp 69 miliar. Anggaran itu rencananya digunakan untuk melayani pelanggan berstatus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan regular.

’’Prinsipnya, kalau memperbaiki pelayanan kami butuh tambahan modal. Tapi kami tetap akan berusaha meningkatkannya dengan kondisi yang ada,’’ pungkas dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.