Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Penyebab Terjadinya Radiator Mobil Bocor

Ketahui, Ini Penyebab Terjadinya Radiator Mobil Bocor
Foto: Ilustrasi ganti air radiator motor (suzuki.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaran bermotor. Alat ini merupakan sistem pendinginan di dalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan kinerja mesin.

Seiring pemakaian dan kurangnya perawatan, radiator bisa mengalami masalah. Salah satunya adalah radiator yang bocor.

Bocornya radiator ini bisa berbahaya. Pasalnya, radiator bocor bisa mengakibatkan mesin mobil yang mengalami overheat karena air radiator banyak terbuang.

Baca juga: Jangan Malas Ganti Air Radiator Motor, Ini Bahayanya pada Mesin

Padahal air radiator adalah komponen penting dalam menyalurkan dan melepas hawa panas. Oleh sebab itu, komponen radiator ini perlu dicek berkala.

Melansir dari laman Suzuki, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan radiator mobil mengalami kebocoran yaitu:

Umur Radiator

Setiap komponen memang memiliki usia pemakaiannya masing-masing, termasuk radiator. Umumnya untuk radiator cukup lama usianya. Kalau dirawat dengan baik bisa sampai 10 tahun.

Namun, tidak sedikit juga yang menginjak usia 5 tahun mulai bermasalah. Kalau radiator sudah mengalami keretakan atau kebocoran, segeralah menggantinya.

Saluran Radiator Terhambat

Kalau Anda menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator.

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator. Sebaiknya dicek kondisinya tiap 30.000 km atau 40.000 km, supaya radiator tetap dalam kondisi prima dan maksimal kinerjanya.

Terkena Benda Asing

Supaya radiator bisa menangkap udara segar, komponen ini diposisikan di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka. Tetapi, hal tersebut membuat radiator berisiko terkena batuan kerikil atau hewan-hewan yang terbang.

Saat radiator bertabrakan dengan benda-benda tersebut, bukan tak mungkin kisi-kisi atau dinding radiator rusak dan akhirnya muncul kebocoran.

Komponen Karet & Plastik yang Getas

Fungsi dan letak radiator yang selalu berdekatan dengan panas mesin membuat komponen pendukung lainnya juga bisa mengalami kegetasan, seperti selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.