Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Dampak Isi Oli Mesin Melebihi Kapasitas yang Penting Diketahui

Ini Dampak Isi Oli Mesin Melebihi Kapasitas yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi ganti oli (Federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Oli mesin memiliki fungsi penting dalam sepeda motor. Untuk itu, pemilik motor dianjurkan untuk rajin mengganti oli secara berkala.

Meski demikian, masih banyak orang yang abai untuk mengganti oli secara rutin. Akibatnya, motornya bisa mengalami kerusakan yang parah sehingga butuh biaya cukup banyak untuk memperbaikinya.

Oli memiliki peranan penting dalam membuat kendaraan tetap nyaman, mulus dan ringan saat melakukan akselerasi. Tidak hanya itu, kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan pada sistem mesin kendaraan itu sendiri.

Baca juga: Tulisan SAE Pada Kemasan Oli Mesin, Ternyata Ini Artinya

Nah, saat mengisi oli terkadang tidak dilakukan sesuai ketentuan. Yakni, volume oli yang diisikan dalam mesin melebihi kapasitasnya.

Lantas apakah hal ini berdampak pada mesin? Melansir dari Federaloil, Rabu (9/11/2022), mengganti oli mesin kendaraan bermotor harus dilakukan secara berkala mengikuti saran yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Ketika kamu mengganti oli mesin pada motor kamu, tidak boleh melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

Setiap jenis motor memiliki takaran masing-masing ada yang 800ml, 900m bahkan sampai 1 liter.Mengisi oli yang tidak sesuai takaran atau melebihi kapasitas yang ditentukan, bisa berakibat buruk pada motor.

Oli lebih banyak dari biasanya, bukannya motor menjadi lebih enak justru akan berdampak pada mesin yang kurang responsif. Dampak buruk jika kamu mengisi oli mesih melebihi kapasitasnya, tarikan motor menjadi lebih berat, itu karena kinerja mesin untuk melumasi seluruh komponen bertambah.

Dampak lainnya adalah mesin motor akan menjadi lebih gampang overheat sehingga performa mesin menjadi berkurang.

Akibat yang paling parah ditimbulkan akibat mengisi oli mesin berlebihan dapat menyebabkan kebocoran dari karet sil dan akibatnya oli akan masuk ke ruang bakar.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.