Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPKM Diperpanjang, Menkes Sebut Covid-19 Masih Terkendali

PPKM Diperpanjang Menkes Sebut Covid 19 Masih Terkendali

Ilustrasi Covid-19

Murianews, Jakarta – Pemerintah telah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan ke depan. Hal ini lantaran kasus harian Covid-19 di berbagai daerah kembali melonjak.

Kendati demikian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut jika kasus harian Covid-19 di Indonesia masih dalam posisi terkendali, sekali pun selalu ada penambahan kasus dalam tiga pekan ini.

”Masih terlihat tren kasus berdasarkan hasil monitoring mingguan masih naik terus. Tiga pekan terakhir ini naik dari semula 18 persen, 40 persen, naik lagi 56 persen dan belum sampai ke puncak,” katanya, dikutip dari Antara, Rabu (9/11/2022).

Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Mulai 8-21 November, Seluruh Daerah Level I

Dia juga memastikan jika situasi ini masih dalam posisi terkendali lantaran untuk kasus harian belum mencapai 100.000 kasus Covid-19 per hari. Tentu saja, ini sesuai dengan panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

”Untuk yang masuk rumah sakit, lima pasien per 100.000 penduduk per pekan, dan kasus kematian satu per 100.000 penduduk per pekan,” katanya.

Jika panduan tersebut dikonversi pada situasi di Indonesia, kata Budi, kasus konfirmasi masih 11 persen, hospitalisasi 1,95 persen, dan kematiannya masih 0,08 persen.

Baca: Covid-19 Ngamuk Lagi, Luhut: Gunakan PPKM Level

Ia menjelaskan dengan data ketiga indikator transmisi WHO ini, Indonesia masih ada di level 1 PPKM yang artinya masih terkendali.

Budi menambahkan tren peningkatan kasus di Indonesia dipengaruhi subvarian terbaru Omicron, yakni BA 2 75 yang terbanyak terjadi di India, XBB paling banyak di Singapura, dan BQ 1 yang dominan di Eropa dan Amerika Serikat.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.