Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PKL Taman Menara Direlokasi Permanen, Tempat Penampungan Digeser

PKL Taman Menara Kudus mengikuti audiensi di Taman Krida Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Pedagang di Taman Menara Kudus, Jawa Tengah mengikuti audiensi di aula Taman Krida Kudus, Selasa (8/11/2022). Audiensi tersebut memutuskan PKL Taman Menara Kudus direlokasi ke Terminal Bakalan Krapyak, dan sifatnya permanen.

Hadir di audiensi tersebut 65 PKL Taman Menara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Catur Sulistiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah, dan jajaran Forkopimda.

Untuk diketahui, sebanyak 44 PKL yang kiosnya berada di sisi selatan kawasan Taman Menara Kudus akan direlokasi. Hal ini seiring dengan pembangunan Taman Menara Kudus yang akan dimulai November 2022.

Dari hasil audiensi tersebut, sebanyak 29 PKL akan dipindahkan ke tempat penampungan sementara. Jumlah ini merupakan PKL yang saat ini aktif berjualan.

Selain itu lokasi penampungan sementara yang awalnya disiapkan di kawasan trotoar Taman Menara Kudus menuju ke arah Kelenteng Hok Ling Bio. Tetapi hal itu urung dilakukan. Penampungan sementara digeser ke Terminal Bakalan Krapyak.

Nantinya, setelah kios permanen yang  juga berada di Terminal Bakalan Krapyak selesai dibangun, para PKL tersebut akan langsung menghuni kios permanen di lokasi Terminal Bakalan Krapyak di bagian selatan.

”Pertimbangan kami, supaya tempat penampungan dan kios permanennya menyatu di satu tempat. Supaya nanti kalau pindah ke tempat yang permanen tidak terlalu jauh,” kata Mutrikah.

Baca: Bakal Direlokasi, Pedagang Taman Menara Prediksi Sepi Pembeli

Pihaknya memiliki alasan menyiapkan tempat permanen di Terminal Bakalan Krapyak. Yakni agar dagangan PKL dapat dilarisi oleh peziarah.

Nantinya, PKL pindahan dari Taman Menara Kudus akan menghuni permanen di Terminal Bakalan Krapyak. Artinya, PKL tidak akan kembali lagi ke kawasan Taman Menara Kudus.

”Setelah dibuatkan tempat permanen ya PKL tetap jualan di Terminal Bakalan Krapyak. Tidak lagi pindah di Taman Menara,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pedagang, Taman Menara, Sofyan menyesalkan adanya pemindahan dan mempermanenkan pedagang di Terminal Bakalan Krapyak. Sebab, dia khawatir akan kehilangan pelanggannya.

”Selama saya jualan nasi, pelanggan saya itu santri, bukan dari peziarah. Kalau dipindah dan harus menetap di Terminal Bakalan Krapyak ya saya kehilangan pelanggan,” terangnya.

Baca: Puluhan PKL di Taman Menara Kudus Bakal Direlokasi, Pedagang Mengeluh

Dia mengaku tidak masalah dipindah ke Terminal Bakalan Krapyak. Asalkan dapat kembali lagi ke kawasan Taman Menara Kudus.

”Saya kecewanya itu tidak lagi kembali ke Taman Menara. Inginnya ya dapat kembali lagi jualan di kawasan Taman Menara,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.