Jumat, 29 Maret 2024

Mau Pijat Payudara setelah Melahirkan? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Murianews
Senin, 7 November 2022 20:12:38
Foto: Ilustrasi (Gustavo Wandalen Corrêa dari Pixabay)
[caption id="attachment_330894" align="alignleft" width="1890"]Mau Pijat Payudara setelah Melahirkan? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Foto: Ilustrasi (Gustavo Wandalen Corrêa dari Pixabay)[/caption] MURIANEWS, Kudus – Banyak wanita yang melakukan pijat setelah melahirkan buah hatinya. Tujuannya agar kondisi badan kembali segar dan sehat. Selain tubuh, ada juga yang melakukan pijat khusus payudara. Mereka meyakini jika pijat payudara ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Benarkah demikian? Sebelum melakukan pijat payudara, ada baiknya mengetahui informasi lebih lengkap. Baca juga: Bisakah Melahirkan Normal dalam Kondisi Janin Terlilit Tali Pusar? Ini Jawabannya Melansir dari Halodoc, Senin (7/11/2022), pijat payudara adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh wanita, terutama setelah melahirkan. Pijatan pada payudara memang sudah sejak lama dilakukan sebagai metode terapeutik agar tubuh lebih rileks dan berbagai manfaat lainnya. Dengan mendapatkan pijat pascamelahirkan, ibu bisa mendapatkan pemulihan yang lebih cepat dan kesehatan tubuh yang lebih baik secara keseluruhan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat pijat payudara setelah melahirkan yang perlu diketahui: Relaksasi Otot Manfaat pijat payudara setelah melahirkan yang pertama adalah mampu merelaksasi otot. Pijatan ini dapat melemaskan otot, meningkatkan sirkulasi, serta menurunkan hormon stres. Dengan begitu, ibu merasa lebih tenang secara fisik dan emosi. Pereda Sakit Setelah melahirkan, merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh adalah hal yang wajar. Dengan mendapatkan pijatan pada dada dapat membuat bahu lebih ringan dan mengurangi nyeri pada payudara. Selain itu, hal ini juga dapat mengatasi perasaan sakit pada lengan, bahu, hingga punggung. Melancarkan ASI Manfaat pijat payudara pascamelahirkan lainnya adalah mampu melancarkan ASI yang tersumbat. Penyumbatan saluran ASI umumnya disebabkan oleh produksi ASI yang lebih cepat dari frekuensi bayi menyusu atau ibu memerah ASI. Hal ini dapat mencegah penumpukan ASI di jaringan yang menimbulkan pembengkakan dan peradangan. Beberapa tanda penyumbatan saluran ASI yang  mungkin dialami ibu menyusui:
  • Payudara alami pembengkakan, terasa penuh, dan sakit. Jika ASI yang bertumpuk sudah dikeluarkan, semua masalah tersebut dapat menghilang.
  • Terdapat benjolan, warna payudara yang memerah, hingga terasa nyeri saat disentuh.
Masalah ini perlu ditangani agar tidak menimbulkan masalah, seperti demam, nyeri dan tidak nyaman di sekitar area payudara. Bahkan hal ini bisa jadi sebagai tanda adanya infeksi yang menyebabkan mastitis. Maka dari itu, segera periksakan diri dan juga dapatkan pijatan pada payudara sebelumnya. Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Pijat Payudara setelah Melahirkan Perlu diketahui jika manfaat pijat payudara setelah melahirkan dapat memicu tubuh melepaskan hormon oksitosin. Nah, hormon ini dapat merangsang ASI keluar dari payudara serta mengurangi risiko mastitis. Jika produksi ASI lancar, payudara akan akan menghasilkan ASI lebih banyak lagi. Untuk Ibu yang menyusui yang dan bermasalah dengan produksi ASI bisa mencoba pijat payudara. Ibu bisa, lho, melakukan pijatan pada payudara sendiri di rumah. Cobalah untuk memilih waktu yang senggang agar merasa lebih rileks dan tidak diburu waktu. Disarankan jika pijatan ini dilakukan beberapa saat sebelum bayi menyusu atau memompa ASI. Pastikan untuk melakukan pijatan secara rutin setiap hari. Sebelumnya, cuci tangan hingga bersih dan siapkan minyak pijat yang aman digunakan. Hindari minyak yang mengandung pewangi buatan untuk menghindari bahan kimia yang ada. Pilihan paling mudah adalah minyak zaitun, minyak kelapa, baby oil, atau bahkan minyak pijat khusus laktasi. Selain itu, ada dua hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pijatan payudara, yaitu: Pijatan Limfatik Salah satu cara terbaik untuk melakukan pijat payudara dengan pijatan limfatik. Ibu bisa menggunakan baby oil atau minyak khusus lain. Cara ini dapat meningkatkan jumlah ASI yang dihasilkan. Caranya melakukannya dengan menekan bagian bawah ketiak yang berada di dekat payudara dengan ujung jari tangan. Tekan secara lembut dan pijat dengan perlahan selama beberapa menit. Pijatan ini mampu memperlancar aliran darah dan membuang racun yang ada di sekitar payudara. Jangan Menekan Terlalu Keras Ibu perlu memastikan tekanan yang lembut pada payudara karena sudah membuat aliran darah lebih lancar. Hindari melakukannya terlalu keras yang membuat gangguan pada jaringan. Saat terasa nyeri atau sakit, tandanya pijatan terlalu keras. Apabila terasa hangat, berarti aliran darah sudah mengalir lancar. Itulah pembahasan mengenai manfaat pijat payudara setelah melahirkan yang bisa didapatkan oleh setiap ibu yang sedang menyusui. Setiap ibu perlu tahu jika ASI adalah asupan yang paling bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi. Maka dari itu, pastikan anak mendapatkan ASI selama kurang lebih 2 tahun.     Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: halodoc.com

Baca Juga

Komentar