Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir Surut, Perbatasan Jateng-Jabar Kembali Normal

Banjir di Patimuan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022). (Humas Polresta Cilacap)

MURIANEWS, Cilacap – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap memastikan banjir yang merendam jalan nasional Sidareja-Pangandaran yang menghubungkan Jateng–Jabar sejak Rabu (26/10/2022) telah surut. Saat ini jalur tersebut sudah bisa kembali dilalui seperti semula.

Kepala BPBD Cilacap Wijonardi mengatakan genangan banjir di Jalur Lintas Selatan Selatan (JLSS) Jawa Tengah itu sudah surut sejak Rabu (26/10/2022) semalam. Otomatis arus lalu lintas sudah kembali nornal.

”Alhamdulillah genangan sudah surut sejak tadi malam, sehingga arus lalu lintas di ruas Sidareja-Pangandaran pagi ini kembali normal,” katanya seperti dikutip Antara, Kamis (27/10/2022).

Baca: Sungai Citadui Meluap, Rumah dan Jalan Penghubung Jateng-Jabar Terendam Banjir

Ia mengatakan genangan banjir yang terjadi sejak Rabu (26/10/2022), pukul 10.30 WIB, hingga malam hari. Ia pun memastikan, genangan air tidak sampai masuk ke permukiman warga Desa Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Cilacap.

”Begitu ada banjir langsung kira bendung dengan tumpukan karung plastik berisi pasir. Dengan cara itu, tidak ada rumah-rumah warga yang terdampak banjir tersebut,” terangnya.

Meski begitu, selama banjir terjadi pihaknya tetap menyiagakan perahu karet di lokasi kejadian. Saat ini, perahu tersebut juga sudah ditarik kembali.

Ia pun menjelaskan, banjir yang menggenangi ruas jalan nasional Sidareja-Pangandaran dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Selasa (25/10/2022) petang hingga Rabu (26/10/2022) dini hari. Akibatnya, air dari anak Sungai Citanduy melimpas ke badan jalan di sekitar Jembatan Pelimpah.

Badan jalan tersebut berada di daerah cekungan, tinggi genangan air mencapai 100-200 centimeter dengan panjang genangan 100 meter, sehingga tidak tidak bisa dilalui kendaraan.

Dengan demikian, arus lalu lintas dari arah Pangandaran, Jawa Barat, yang hendak menuju Cilacap dan sebaliknya dialihkan melalui ruas jalan nasional Pangandaran-Banjar maupun sejumlah jalur alternatif lainnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.