Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

81 Pendaftar Terpilih Jadi Anggota Panwascam Banyumas

Situasi Pendafaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu Kabupaten Banyumas, Kamis (22/9/2022). (Bawaslu Kabupaten Banyumas)

MURIANEWS, Banyumas – Sebanyak 81 pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024 terpilih sebagai anggota Panwascam. Hal itu setelah mereka dinyatakan lolos seleksi oleh Bawaslu Banyumas, Rabu (26/10/2022).

Ketua Pokja Seleksi Panwascam Bawaslu Banyumas 2022, Asep Henry Habibulloh menyebutkan, tahun ini jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi berjumlah 1.028 orang. Dari jumlah tersebut, para pendaftar disaring atau diseleksi hingga akhirnya terpilih 81 orang.

”Sesuai rencana, mereka yang lolos seleksi bakal ditempatkan di 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas. Masing-masing kecamatan akan ada tiga orang anggota Panwaslu yang mengawasi pemilu 2024,” katanya seperti dikutip Serayunews.com.

Selain itu, pihaknya juga memilih tiga orang lainnya, dari enam besar yang tidak terpilih masuk daftar cadangan. Hal itu dilakukan jika disaat melaksanakan tugas atau pelantikan ada anggota yang mundur.

”Apabila ada anggota Panwascam berhalangan tetap atau mundur mereka bisa menggantikan posisinya,” terangnya.

Asep menambahkan, bagi mereka yang telah terpilih menjadi anggota Panwascam diminta hadir pada, Sabtu (29/10/2022) untuk pelantikan di Meotel Hotel Purwokerto di Jalan Dr Soeparno Selatan, Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Mantan Sekretaris Pokja Seleksi Panwas Kecamatan Banyumas di tahun 2017 lalu, Yon Daryono mengungkapkan, sejak dimulainya tahap pendaftaran pada 21-27 September 2022, tingkat partisipasi masyrakat sangat tinggi.

Jumlah yang ada sekarang ini, meningkat sangat drastis dibandingkan seleksi Panwas Kecamatan tahun 2017 lalu.

”Pada seleksi Panwas Kecamatan 2017 untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, jumlah pendaftar hanya 270 orang,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: serayunews.com

Ruangan komen telah ditutup.