Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pangkalan Truk Pati Diperkirakan Terealisasi Usai Pemilu 2024

Pangkalan Truk Pati Diperkirakan Terealisasi Usai Pemilu 2024

Suasana audiensi menyelesaikan permasalahan pangkalan truk di Aula Dishub Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pembangunan pangkalan truk di Pati diperkirakan baru terealiasi usai Pemilu 2024. Itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Teguh Widyatmoko, Selasa (25/10/2022).

Ia mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati masih fokus untuk pembiayaan Pilkada 2024. Untuk mendukung kegiatan itu, dana Rp 72 miliar dikucurkan oleh pemerintah setempat.

Dana yang besar ini pun dicicil mulai APBD 2022 hingga APBD 2024. Maka dari itu, pemerintah belum mempunyai dana untuk membuat pengalaman truk sebelum Pilkada.

”Kalau permanen kemungkinan setelah Pemilu 2024, karena pemkab harus menyelesaikan dana cadangan,” ujar Teguh.

Baca: Alhamdulillah, Sopir Truk di Pati Tak Perlu Parkir Sembarangan Lagi

Pihaknya pun meminta sopir truk di Kabupaten Pati bersabar. Mereka diminta menggunakan pangkalan truk sementara di depan Pasar Hewan Margorejo.

Diketahui, Sarikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Pati dan Paguyuban Sopir Pati (PSP) beraudiensi di Aula Dishub Pati, Selasa (25/10/2022).

Dalam audiensi itu, disepakati bekas Garansi Bus Budi Jaya itu dijadikan pangkalan truk sementara. Nantinya sopir truk diizinkan menggunakan lahan seluas 1,5 hektar untuk memarkirkan truknya.

Pangkalan truk sementara itu diharapkan bisa membuat sopir tidak parkir ilegal di pinggir Jalan Lingkar Selatan. Selain itu, pangkalan truk ini juga diharapkan bisa memberikan rasa aman bagi sopir dibandingkan parkir liar.

”Karena Pemkab belum mampu menyediakan (pangkalan truk), (selama ini) para pengemudi masih parkir di warung, pinggir jalan dan pom bensin. Di samping mengganggu kendaraan lain, juga menganggu keselamatan. Bahkan mereka sering kehilangan solar dan spidometer dan yang lain,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.