Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Obat Alami yang Ampuh untuk Atasi Panu, Coba Saja!

Ini Obat Alami yang Ampuh untuk Atasi Panu, Coba Saja!
Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam penyakit kulit yang dikenal saat ini. Salah satunya adalah panu.

Saat terkena panu, kulit terasa sangat gatal dan membikin tidak nyaman saat beraktivitas. Selain itu, panu juga bikin malu dan kurang percaya diri.

Pasalnya, jika terkena panu sering dianggap jika orangnya jorok alias tidak menjaga kebersihan diri. Hal inilah yang bikin sebagian orang merasa risih jika muncul panu di kulitnya. Terlebih jika panu muncul di bagian kulit yang bisa terlihat jelas.

Baca juga: Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Perih dan Gatal Akibat Gigitan Semut Api

Melansir dari Hello Sehat, penyebab panu adalah infeksi jamur Malassezia furfur. Obatnya tentu adalah salep antijamur yang memang dikhususkan untuk memerangi jamur.

Namun, ternyata ada beberapa obat panu alami yang juga bisa bantu menghilangkan panu. Apa saja, ya?

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan antiradang yang kuat, untuk membantu melawan jamur dan meredakan peradangannya yang membuat kulit gatal. Lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

Cara pakainya mudah, tinggal oleskan langsung gel lidah buaya murni ke kulit yang berpanu. Cara lainnya, campurkan dahulu gel aloe vera dengan beberapa tetes minyak pelarut atsiri seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ulangi rutin selama dua atau tiga kali sehari.

2. Kunyit

Kunyit adalah obat panu alami yang telah dipercaya sejak lama. Alasannya, kunyit mengandung sifat antiseptik, antibiotik, dan antijamur yang mendukung penyembuhan panu sekaligus mencegah tumbuhnya jamur.

Anda bisa menggunakan kunyit bubuk siap pakai dan cairkan bersama air sampai jadi pasta halus. Bisa juga pakai kunyit segar yang ditumbuk halus. Oleskan pasta kunyit ke lokasi panu dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih.

3. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh (tea tree oil) telah digunakan sejak lama oleh penduduk asli Australia untuk mengobati luka dan penyakit infeksi kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak pohon teh dilengkapi dengan kandungan antijamur untuk mencegah perkembangan jamur dan meredakan gatal.

Cara pakainya bisa langsung dioleskan pada kulit atau dicampurkan bersama minyak pelarut. Celupkan kapas ke dalam minyak dan oleskan pada kulit yang berpanu. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Cuka apel

Cuka apel diyakini ampuh sebagai obat alami panu berkat kandungan antimikroba yang bantu mengendalikan dan mencegah pertumbuhan jamur.

Campurkan cuka apel bersama air hangat dalam takaran yang sama. Oleskan langsung ke kulit menggunakan kapas, lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak zaitun dan madu

Penelitian yang dimuat dalam Complementary Therapies in Medicine membuktikan bahwa kombinasi dari madu dan minyak zaitun dapat mengobati panu karena komponen antibakteri dan antijamurnya. Oleskan ramuan ini tiga kali sehari ke kulit yang berpanu untuk maksimal empat minggu.

6. Yogurt

Yogurt juga dipercaya dapat menjadi obat alami panu. Sebab, yogurt memiliki kandungan probiotik yang bisa menghambat pertumbuhan jamur. Efeknya mungkin tidak akan muncul dengan cepat, namun yogurt akan membantu menghilangkan panu bila digunakan secara rutin.

Untuk menggunakan yogurt sebagai obat panu, pilihlah yogurt polos tanpa rasa dan gula. Oleskan yogurt pada kulit yang terinfeksi jamur panu. Biarkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memerangi ragi dari dalam tubuh.

7. Bawang putih

Bawang putih sudah sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk berbagai penyakit, tak terkecuali panu. Bawang putih sendiri memiliki komponen antibakteri, antijamur, antikanker, dan antioksidan. Bahkan, khasiat antijamurnya telah ditunjukkan dalam banyak penelitian.

Dari penelitian yang dilakukan di Venezuela, kandungan 0,6% ajoene dalam bawang putih berhasil membasmi jamur pada 14 pasien yang mengalami tinea pedis (kutu air) setelah digunakan secara rutin selama 30 hari.

Untuk menggunakannya, potong bawang putih menjadi dua bagian lalu usapkan pada area yang terkena panu. Biarkan kering lalu bilas sesudahnya. Lakukan selama beberapa minggu hingga tampak perubahan pada warna panu.

Ketahui hal ini sebelum pilih obat alami untuk atasi panu

Meskipun bahan-bahan di atas memiliki potensi sebagai obat alami panu, perlu diketahui bahwa penggunaannya belum tentu cocok untuk semua orang. Pasalnya, ada beberapa orang yang alergi atau kulitnya sensitif terhadap kandungan di dalamnya.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan mengobati panu Anda dengan beragam obat alami ini. Pastikan juga bahwa Anda tidak memiliki alergi pada bahan tertentu.

Walaupun panu sudah disembuhkan, Anda masih punya kemungkinan untuk kembali terkena penyakit ini. Pasalnya, jamur penyebab panu merupakan jamur yang memang hidup di permukaan kulit manusia.

Jika Anda termasuk rentan terhadap kondisi ini, selain mencoba obat alami, ada baiknya Anda melakukan sejumlah perubahan gaya hidup yang akan menjauhkan Anda dari risiko timbulnya panu. Seperti selalu menjaga kebersihan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.