Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengatur Suhu AC Mobil saat Berkendara di Malam Hari Penting Dilakukan, Ini Alasannya

Mengatur Suhu AC Mobil saat Berkendara di Malam Hari Penting Dilakukan, Ini Alasannya
Foto: Ilustrasi menyalakan AC mobil (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan AC di dalam mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Pasalnya, dengan adanya AC ini, situasi berkendara menjadi lebih nyaman, terutama saat kondisi panas dan jalanan macet.

Ada beberapa fungsi pada AC mobil ini. Antara lain, untuk mengontrol temperatur, mengatur kelembaban, mengontrol sirkulasi udara dan menyegarkan udara.

Meski demikian, saat berkendara malam hari sebaiknya perlu mengatur suhu AC. Jangan sampai suhu AC saat malam disamakan dengan saat berkendara di siang hari.

Baca juga: Ingin Jas Hujan Tetap Awet? Ini Tips Sederhana yang Bisa Dicoba

Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa terjadi jika suhu AC tidak diatur ketika berkendara pada malam hari. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Suzuki.co.id, Rabu (5/10/2022).

Berisiko membuat pengemudi mengantuk

Pemakaian AC saat malam hari bisa membuat pengemudi rentan diserang kantuk. Kenapa bisa timbul rasa kantuk? Karena suhu dingin bisa memicu pembuluh darah menyempit. Ini artinya asupan oksigen untuk bisa membuat otak bekerja juga akan sedikit sehingga tubuh akan merasa mengantuk.

Karena itulah sebaiknya suhu AC juga harus dijaga supaya tidak terlalu dingin. Aturlah supaya tetap nyaman berada di kabin mobil selama perjalanan di malam hari tapi tidak membuat pengemudi merasa mengantuk.

Pakai pakaian yang nyaman

Tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pakaian yang dikenakan ketika melakukan perjalanan. Pakaian ini berpengaruh pada tingkat dehidrasi pengemudi selama perjalanan. Pilihlah pakaian yang nyaman, yang tidak tertutup sekali dan tidak juga terlalu tipis.

Pakailah pakaian lengan panjang dan celana panjang, tapi pilih yang tidak terlalu tebal. Pakaian tersebut bisa menahan dingin tapi juga masih nyaman karena tidak membuat gerah saat dipakai di malam hari.

Sempatkan beristirahat saat perjalanan jauh di malam hari

Selain itu, agar perjalanan malam dengan jarak jauh aman, Anda harus sesekali beristirahat. Berikan interval perjalanan 3-4 jam sekali untuk beristirahat. Saat beristirahat, anda bisa tidur sebentar atau kalau memang sedang buru-buru bisa meregangkan tubuh sekitar 15 menit. Hal ini penting supaya bisa melancarkan aliran darah sehingga tidak mengantuk.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.