Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksin Covid di Solo Kosong, Warga Terpaksa Vaksinasi di Kabupaten Tetangga

Ilustrasi Vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Solo – Warga Kota Surakarta atau Solo yang hendak melakukan vaksin Covid-19 terpaksa diarahkan ke kabupaten tetangga. Gara-garanya, stok vaksin Covid-19 di Kota Begawan mengalami kekosongan sejak Sabtu (1/10/2022) lalu.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengaku sudah berkirim surat dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Hanya saja, belum ada kepastian kapan Solo akan mendapat kiriman.

”Kita tidak bisa memastikan kapan Solo mendapat kiriman stok vaksin Covid-19. Yang pasti kita sudah kirim surat ke Dinkes Jateng. Begitu vaksin datang, akan kami kebut,” kata Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih seperti dikutip Solopos.com.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Solo sedang melakukan percepatan capaian vaksinasi. Namun kondisi vaksin habis sejak Sabtu lalu. Capaian vaksinasi penguat atau booster mencapai 72 persen di Kota Solo.

”Karenanya, masyarakat yang membutuhkan vaksinasi bisa di daerah lain yang mengadakan vaksinasi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan DKK melaksanakan vaksinasi dengan jemput bola ke tempat keramaian sebelum stok vaksin habis. Saat penyaluran BLT pihaknya melakkukan vaksin di tempat-tempat keramaian.

”Kalau kami pasif menunggu (kurang efektif), faskes harus mencari  strategi lain supaya masyarakat bisa tervaksin,” terangnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.