Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mahfud MD Minta Polri Segera Tetapkan Tersangka di Tragedi Kanjuruhan

Mahfud MD Minta Polri Segera Tetapkan Tersangka Pelaku di Tragedi Kanjuruhan
Menko Polhukam Mahfud MD (Dok Instagram)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Polri segera menetapkan tersangka bagi pelaku yang membuat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

Bahkan pihaknya mendesak agar tersangka dalam tragedi kanjuruna itu bisa ditetapkan dalam dua hingga tiga hari mendatang.

Terlebih saat ini pihaknya juga sudah membentuk tim pencari fakta atas tragedi Kanjuruhan itu. Bahkan pihaknya telah menerjunkan tim tersebut untuk melakukan investigasi mendalam dan menyeluruh.

Baca: Listyo Sigit Copot Kapolres Malang, Buntut Tragedi Kanjuruhan

”Penetepan status tersangka kepada pelaku-pelaku kerusuhan lapangan yang sudah cukup dua alat bukti,” kata Mahfud, dikutip dari Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Dalam waktu dekat, Mahfud juga meminta Polri melakukan penegakan disiplin terhadap pejabat-pejabat struktural institusi Bhayangkara yang terlibat peristiwa ini.

Selain itu, Mahfud juga meminta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjatuhkan sanksi dan memproses hukum anggotanya yang bertindak berlebihan dan di luar kewenangan.

Baca: Komas HAM Dalami Penggunaan Gas Air Mata Kedaluwarsa di Tragedi Kanjuruhan

Bersamaan dengan itu, pimpinan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) diminta menindak tegas pelaksana yang lalai yang menyebabkan terjadinya tragedi Kanjuruhan.

”Ini yang harus dilakukan dalam waktu pendek oleh Polri, TNI, dan PSSI,” tegas Mahfud.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.