Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Listyo Sigit Copot Kapolres Malang, Buntut Tragedi Kanjuruhan

Listyo Sigit Copot Kapolres Malang Buntut Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat akibat terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) yang menewaskan ratusan orang.

Kabar mengenai pencopotan Kapolres Malang ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dia mengatakan, pencopotan itu sudah menjadi keputusan bulat kapolri.

”Kapolri memutuskan menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dimutasi sebagai Pamen SDM Polri,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (3/10/2022).

Baca: Tragedi Kanjuruhan, Patifosi Tarik Diri dari Tribun Stadion

Sementara jabatan Kapolres Malang saat ini diduduki oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis.

Tidak hanya Kapolres Malang, sejumlah komandan Brimob Polda Jatim juga diganti usai tragedi Kanjuruhan ini.

Selain itu, polisi juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 18 anggota operator senjata pelontar gas air mata yang diduga menjadi penyebab tewasnya ratusan orang di stadion kanjuruhan tersebut.

Baca: Komas HAM Dalami Penggunaan Gas Air Mata Kedaluwarsa di Tragedi Kanjuruhan

”Tim dari pemeriksa Bareksrim untuk secara internal dari Itsus dan Propam melakukan pemeriksaan anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan. Delapan belas orang anggota yang bertanggung jawab atau operator senjata pelontar didalami Itsus dan Propam,” lanjutnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.