Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Operasi Zebra, Polres Blora Bagikan Imbauan Tertib Berlalu Lintas

Operasi Zebra, Polres Blora Bagikan Imbauan Tertib Berlalu Lintas
Polres Blora Polda Jawa Tengah membagikan imbauan tertib berlalu lintas, Senin (3/10/2022). (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Usai menggelar Apel Operasi Zebra Candi 2022, Polres Blora Polda Jawa Tengah membagikan imbauan tertib berlalu lintas, Senin (3/10/2022).

Pembagian imbauan berupa pamflet dan stiker itu dilakukan dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, serta ketertiban lalu lintas. Kegiatan itu dilakukan di Kawasan Simpang Empat Tugu Pancasila.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Tahun 2022 tidak berorientasi pada penegakan hukum (Gakkum) atau tilang. Namun, seluruh kegiatan itu mengedepankan edukatif, persuasive dan humanis.

Penegakan hukum dilakukan secara elektronik maupun teguran simpatik. Itu dilakukan untuk meningkatkan simpati dan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Kasat Lantas AKP Noach Hendrik mengungkapkan, ada beberapa prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022.

Baca: Bupati Blora Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran di Dluwangan

Prioritas penegakan pelanggaran itu yakni pada mereka yang tidak memakai helm SNI, kendaraan bermotor yang melanggar Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, dan melanggar rambu serta marka.

Kemudian, pemotor yang mengendarai kendaraan dengan tidak wajar, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak memakai sabuk pengaman bagi kendaraan roda empat.

Lalu, pengemudi yang melebihi batas kecepatan maksimal, kendaraan yang melebihi kapasitas (overload) atau tata cara muatan.

Kasat Lantas menambahkan, sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas terus digelar baik secara langsung ataupun melalui media sosial.

”Sosialisasi dan edukasi akan terus kita lakukan tujuannya adalah untuk mewujudkan kamseltibcarlantas di kabupaten Blora,” tambahnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.