Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Maling di Semarang Pakai Daster saat Beraksi, Ternyata Ini Alasannya

Pria pelaku pencurian yang memakai daster saat beraksi dihadirkan dalam pers rilis di Mapolrestabes Semarang, Senin. [ANTARA/ I.C.Senjaya]
MURIANEWS, Semarang – Aksi maling di Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah ini terbilang unik. Saat beraksi maling ini memilih mengenakan daster. Padahal, ia merupakan seorang laki-laki.

Usut punya usut, maling berinisial IAD ini sengaja mengenakan daster dengan tujuan khusus. Tujuan tersebut yakni untuk mengelabuhi CCTV biar tak terlihat seperti pria saat beraksi di sebuah kafe.

Meski begitu, aksi warga Secang, Kabupaten Magelang itu tetap ketahuan. Ia pun digelandang Polrestabes Semarang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca: Heroik, Emak-Emak di Blora Gagalkan Maling Kotak Amal

”Jadi pelaku ini menggunakan daster untuk mengelabui kamera CCTV yang ada di TKP,” kata Wakapolrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi dikutip dari Antara, Senin (3/10/2022).

Wakapolrestabes menjelaskan, tersangka IAD merupakan mantan pegawai kafe yang disasarnya. Aksi pelaku yang mengendap-endap dengan memakai daster tersebut terekam CCTV yang kemudian bisa diidentifikasi berdasarkan keterangan para pegawai kafe.

”Pelaku ini sudah tahu akan terpantau CCTV saat beraksi,” ungkapnya.

Saat beraksi, lanjut dia, pelaku masuk ke dalam tempat kasir kafe dan mengambil brankas berisi uang Rp 5 juta. Adapun daster yang dipakai saat beraksi, diambil pelaku dari tempat jemuran milik tetangganya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Saat ini ia pun harus mendekam di balik jeruji besi.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.