Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Yogyakarta

Anggota DPRD Bantul yang Ditangkap Polda DIY Kader Gerindra

Enggar Suryo Jatmiko (ESJ), anggota DPRD Bantul yang terjerat kasus dugaan penipuan. (Solopos.com-Harianjogja.com/Ist)

MURIANEWS, Bantul – Anggota DPRD Bantul Enggar Suryo Jatmiko (ESJ) yang diamankan Polda DIY gegara kasus penipuan ternyata kader Partai Gerindra. Kepastian tersebut diungkapkan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bantul, Darwinto.

Kendati demikian, Darwinto menyatakan apa yang terjadi pada ESJ adalah urusan pribadi dan tidak ada kaitannya dengan partai yang dirikan Prabowo Subianto itu.

”Benar (ESJ kader partai Gerindra). Tapi Persoalan Mas Miko (ESJ) tidak ada kaitannya dengan partai Gerindra. Itu ranah pribadi Mas Miko. Apa yang dilakukan Mas Miko partai tidak mengerti itu urusan pribadi, partai tidak ada kaitan apa pun,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (1/10/2022)

ESJ selain menjabat sebagai Anggota DPRD Bantul, juga mengisi posisi sebagai Wakil Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bantul. Ia ditangkap Polda Jateng di rumahnya yang terletak di Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul.

Baca: Terjerat Kasus Penipuan, Anggota DPRD Bantul Ditangkap Polda DIY

Darwinto pun mempersilakan penegah hukum memproses kasus yang menjerat ESJ secara transparan dan sesuai hukum yang berlaku. Sementara terkait Pergantian Antar-Waktu (PAW) atas kedudukan ESJ sebagai anggota DPRD Bantul, Darwinto mengaku masih harus menunggu putusan hukum tersebut inkrah.

Sebelumnya, Polisi Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menangkap Anggota DPRD Bantul, Enggar Suryo Jatmiko (ESJ). Ia diamankan atas dugaan kasus penipuan yang terjadi 2018 silam.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, menjelaskan penangkapan ESJ berdasarkan laporan dari korban pada Maret lalu. Ia pun membenarkan jika ESJ merupakan anggota DPRD Kabupaten Bantul.

”Iya (anggota DPRD Bantul),” ujar Yuliyanto, Sabtu (1/10/2022).

ESJ ditangkap aparat polisi di kediamannya beberapa waktu lalu dan kemudian ditahan di Polda Jateng. Ia ditangkap atas dugaan kasus penipuan yang terjadi pada 2018 silam.

”Kemarin Polda DIY sudah melakukan upaya hukum kepada terlapor, ESJ, dan dilakukan penahanan yang sebelumnya ditangkap di kediaman yang bersangkutan,” jelasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.