Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pendaftaran Panwascam di 4 Kecamatan di Sragen Diperpanjang, Ini Alasannya

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen, Dwi Budi Prasetya. (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

MURIANEWS, Sragen – Masa pendaftaran panitia pengawas kecamatan (panwascam) di empat kecamatan di Sragen diperpanjang. Hal itu dilakukan lantaran syarat kuota 30 persen pendaftar perempuan belum terpenuhi.

Keempat kecamatan itu yakni Kecamatan Gesi, Masaran, Sambirejo, dan Miri. Sesuai rencana, perpanjangan akan dilakukan tujuh hari mulai 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budi Prasetya, mengatakan total pendaftar Panwascam sebanyak 291 orang. Dari jumlah tersebut 181 di antaranya adalah laki-laki dan 110 perempuan.

”Dari jumlah itu, ternyata empat kecamatan belum memenuhi kuota perempuan sebesar 30 persen. Karena itu, kita perpanjang,” terangnya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (1/10/2022).

Perpanjangan tersebut berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Dari situ, jumlah pendaftar yang kurang dari ketentuan minimal sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran 27 September 2022, dilakukan perpanjangan masa pendaftaran Panwaslu Kecamatan dari tanggal 2 sampai 8 Oktober 2022.

”Adapun persyaratan dan formulir berkas administrasi calon Panwascam dan keterangan selengkapnya dapat diperoleh di Sekretariat Pokja Pembentukan Panwaslu di Jalan Teuku Umar Nomor 20, Kroyo, Karangmalang Sragen atau melalui laman, sragen.bawaslu.go.id,” ungkapnya.

Anggota Bawaslu Sragen, Edy Suprapto, mengungkapkan  tahapan perekrutan panwascam saat ini dalam proses pemeriksaan berkas untuk yang sudah selesai pendaftarannya.

”Syarat yang dibutuhkan sebagai panwascam adalah mempunyai integritas dan profesional sehingga mampu menjalankan tugas di lapangan nantinya,” terang Edy.

Panwascam terpilih akan diberikan pelatihan agar mereka mampu menyelesaikan tugas pengawasan pemilu dengan baik. Sehingga tercipta kompetisi yang adil dan tidak ada politik uang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.