Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

AFC Segera Putuskan Tuan Rumah Piala Asia 2023

Piala Asia 2023
AFC Segera menentukan tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia, Korea Selatan dan Qatar bersaing. (grafis)

MURIANEWS, Jakarta – AFC (Konferderasi Sepak Bola Asia) akan segera memutuskan tuan rumah Piala Asia 2023. Keputusan tentang negara mana yang akan ditunjuk, akan diumumkan AFC pada 17 Oktober 2022 ini.

Sejak China memutuskan mundur sebagai tuan rumah dengan alasan fokus pada penanganan Covid -19, sejumlah negara mengajukan diri sebagai tuan rumah. Indonesia menjadi salah satunya calon tuan rumah bersaing dengan Korea Selatan dan Qatar.

Persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, akhirnya berkisar pada tiga negara ini. Australia yang sebelumnya juga mencalonkan diri, diketahui mundur dengan alasan ingin fokus pada pelaksanaan Piala Dunia Wanita.

Praktis hanya tinggal tiga negara yang akan dipilih oleh AFC dengan berbagai pertimbangan. Dilihat dari beberapa sisi, sepertinya Korea Selatan memiliki kans paling besar untuk ditunjuk menjadi host.

Dibandingkan Indonesia dan Qatar, negara asal pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ini lebih ‘punya banyak waktu’. Mereka tidak sedang dalam proses persiapan agenda sepak bola bertaraf internasional.

Qatar saat ini tengah sibuk mempersiapkan Piala Dunia 2022 yang akan digelar Nopember-Desember 2022. Dari sisi infrastruktur mereka jelas berada di posisi terdepan. Tetapi dari sisi politis, situasinya belum tentu memberi ‘angin’ pada mereka.

Persiapan Piala Dunia 2022 Qatar, saat ini diwarnai dengan issu pelanggaran HAM dan mendapatkan sorotan dunia internasional. Dalam pembangunan infrastruktur, diduga banyak pekerja yang diperlakukan tak adil. Selain itu banyak pekerja yang meninggal.

Sementara Indonesia, meski dengan infrastruktur yang sudah memadai dalam standart yang ditetapkan, menghadapi tantangan soal kesiapan. Sebab pada saat yang hampir bersamaan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar setelah sepekan selesainya pergelaran Piala Asia 2023. Situasi ini tentu saja akan tetap membuat AFC akan memperhitungkannya. Situasi ini bisa menjadi nilai tambah, namun bisa juga menjadi nilai minus untuk pencalonan Indonesia.

BACA JUGA: Media Korea Selatan Sebut Indonesia Belum Layak Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Melihat perkembangannya, bisa saja Korea Selatan akan menjadi pilihan bagi AFC untuk menggelar Piala Asia 2023. Setidaknya Korea Selatan bisa dikatakan memiliki peluang paling besar, untuk terpilih ketimbang Indonesia atau Qatar.

Federasi Sepak Bola Korea Selatan pun sudah menegaskan sangat siap menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Penegasan itu diwujudkan dengan kesiapan Korea Selatan yang sudah menyiapkan tujuh venue stadion yang akan menjadi lokasi pertandingan Piala Asia 2023.

“Korsel menyakini turnamen ini harus digelar di Asia Timur pada 2023. Sebab pada 2019 telah berlangsung di Uni Emirat Arab, 2015 di Australia, 2011 di Qatar dan 2007 di Indonesia (ASEAN),” Ujar KFA dilansir dari resminya.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: KFA

Ruangan komen telah ditutup.