Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Omah UMKM Kudus Diharap Pacu Pengembangan Usaha Mikro

Omah UMKM di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan Omah UMKM di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rampung. Bupati Kudus HM Hartopo pun berharap Omah UMKM bisa menjadi sarana pengembangan usaha-usaha mikro yang ada di Kabupaten  Kudus.

”Tentu ya, yang namanya rumah UMKM tentunya harus bisa memfasilitasi semua UMKM yang ada di Kudus,” katanya Sabtu (1/10/2022).

Tak hanya memfasilitasi pengembangan usahanya, Hartopo juga berharap Omah UMKM itu bisa menjadi salah satu titik kebangkitan UMKM di Kota Kretek. Dengan begitu, ekonomian kerakayatan yang ada di Kudus bisa semakin berkembang lebih pesat lagi.

”UMKM ini kan menjadi tumpuan dari kebangkitan ekonomi kerakyatan, jadi kami berharap mereka bisa semakin maju,” ujarnya.

Pemerintah daerah sendiri, kata Hartopo, akan terus memfasilitasi para pelaku usaha di Kudus untuk terus memajukan usahanya. Rumah UMKM, hanya satu dari sebagian besar upaya Pemkab Kudus untuk memberdayakan mereka.

”Ini juga sedang kami susun bagaimana di tiap kecamatan ini nanti ada pasar rakyatnya. Yang mana isinya hanya pelaku UMKM lokal kecamatan saja, bolehlah diisi hiburan, tapi yang penting pelaku UMKM ini bisa punya ruang untuk berjualan,” pungkasnya.

Baca: Pembangunan Omah UMKM Kudus Rampung, Beroperasi Tahun Depan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati menyampaikan, rumah UMKM dibangun dengan menggunakan dana APBD 2022 sebesar Rp 462 juta. Ketika nanti sudah diserahterimakan, akan ada lima hingga enam UMKM yang akan masuk ke sana.

”Untuk sementara ada lima hingga enam UMKM yang masuk, nanti kalau ada pengembangan akan semakin banyak yang bisa di sana,” tandasnya.

Rumah UMKM sendiri berada di belakang komplek Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.