Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Museum Jenang Kudus Siapkan Ruang Pamer Kaligrafi

Direktur Utama Mubarokfood Cipta Delicia, Muhammad Hilmy menunjukkan ornamen yang terdapat di Galeri Kaligrafi Museum Jenang Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Museum Jenang, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyiapkan ruang pamer baru berisi puluhan kaligrafi. Ruangan tersebut diberi nama Galeri Kaligrafi Indonesia Al Quds Maha Karya Mendunia Putra Kudus.

Galeri tersebut bakal di-launching pada 22 Oktober 2022 mendatang. Nantinya, di situ akan diisi 35 kaligrafi dari enam karya kaligrafer asal Kudus.

Keenam kaligrafer asal Kudus itu yakni HM Noor Aufa Shiddiq, H Mohammad Assiry Jasri, Tumudzy Elfais, Ali Rohman, H.M Noor Syukron, dan H Hambali Mahmud.

Muhammad Hilmy, Direktur Utama Mubarokfood Cipta Delicia mengatakan, kaligrafer di Kudus memiliki potensi membuat kaligrafi yang bagus. Sehingga perlu diberi tempat agar dapat diperlihatkan kepada publik.

”Perlu diwadahi karena prestasinya sudah ada yang tingkat ASEAN. Selain itu ada yang sudah jadi pentashih (mushaf Alquran, red). Ada juga yang langganan menjadi juri lomba kaligrafi,” katanya, Sabtu (1/10/2022).

Baca: Museum Jenang Kudus Pecahkan Rekor MURI

Saat ini progres pembangunan galeri sudah mencapai 90 persen. Launching galeri akan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Santri.

Selain berisi 35 kaligrafi, Galeri Kaligrafi Indonesia Al Quds juga akan diisi koleksi lainnya, seperti Alquran. Sehingga nuansa Islami semakin kental.

”Kami ingin mengangkat kaligrafer Kudus. Dan semoga galeri ini nantinya dapat memotivasi generasi muda untuk mengenal kaligrafi,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.