Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KKN IAIN Kudus Ajak Warga Berugenjang Tanam 1001 Pohon

Penanaman bibit pohon oleh KKN-IK IAIN Kudus. (Murianews/KKN-IK Berugenjang)

MURIANEWS, Kudus – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN Kudus mengajak warga Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, melakukan gerakaan aksi tanam 1.001 pohon.

Kegiatan tersebut, dimulai pada pada Sabtu (1/10/2022) hari ini dan dilakukan di sejumlah titik di desa itu. Adapun jenis pohon yang ditanam adalah berupa bibit pohon buah dan juga jenis pohon peneduh.

Untuk bibit buah, diberikan kepada warga untuk ditanam di pekarangan rumah. Sementara bibit pohon peneduh ditanam di sejumlah lokasi yang ada di Desa Berugenjang.

Ketua KKN-IK IAIN Kudus Desa Berugenjang Rohan mengatakan, aksi tanam 1.001 pohon ini dilakukan untuk menjaga keasrian lingkungan desa.

Baca: Prof Mudzakir Dikukuhkan Jadi Guru Besar IAIN Kudus

Selain itu, penanaman pohon ini juga diharapkan ddapat meningkatkan kualitas udara di seputaran desa di Kecamatan Undaan itu.

”Mungkin dampaknya belum bisa dirasakan secara langsung dalam waktu dekat, namun untuk jangka panjangnya, kami harapkan apa yang kami lakukan hari ini bisa membuat warga lebih nyaman dan meminimalisir udara panas yang ada, karena sebagian besar wilayah adalah lahan persawahan,” katanya.

Baca: IAIN Kudus Kirim Mahasiswa KKN ke Papua dan Palangkaraya

Respon positif pun didapat, di mana masyarakat juga antusias melakukan kegiatan tanam 1.001 pohon ini. Dia pun berharap, bibit-bibit pohon yang sudah ditanam bisa dirawat semaksimal mungkin agar tujuan dari program ini bisa tercapai.

”Kami mengajak pemerintah desa dan juga warga sekitar untuk ikut menanam sekaligus menjaga dan merawatnya, semoga bisa tumbuh dengan baik dan bisa memberi manfaat bagi masyarakat secara luas,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.