Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Pemuda di Kudus Berangkat Magang ke Jepang

Brosur program magang ke Jepang. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 200 pemuda di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengikuti program magang ke Jepang. Mereka bakal bekerja di rumah sakit dan pabrik di Negeri Sakura tersebut.

Program magang ke Jepang merupakan gagasan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Kuota program magang di Jepang ini ada 700 untuk 35 kabupaten /kota di Jawa Tengah.

Program ini diperuntukkan bagi lulusan SMK berusia 18-26 tahun. Sementara lulusan SMA, Diploma, dan S1 harus memiliki sertifikat khusus sesuai yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan SMA Al-Ma’ruf Kudus yang juga mengurus berkas pendaftaran untuk mengikuti program magang ke Jepang ini.

Program magang ke Jepang ini telah membuka pendaftaran sejak 2 Juni 2022 lalu, sedangkan batas waktu pendaftaran Jumat (30/9/2022) hari ini.

”Hasil seleksi lewat SMA Al Ma’ruf ada 200 peserta. Sedangkan yang mendaftar lewat Disnakerperinkop dan UKM sejauh ini ada empat orang,” katanya, Jumat (30/9/2022).

Baca: Capaian Bulan Dana PMI di Kudus Hampir Rp 1 Miliar

Rini melanjutkan, tujuan dari program magang ke Jepang yakni untuk mengurangi pengangguran. Selain itu untuk meningkatkan kualitas SDM untuk menyongsong era globalisasi.

”Ini programnya untuk kesehatan dan teknik. Kalau tenaga kesehatan nantinya kerja di rumah sakit. Kalau jurusan teknik untuk kerja di pabrik,” sambungnya

Saat ini sebanyak 200 peserta hasil penjaringan dari SMA Al-Ma’ruf telah diberangkatkan ke Jepang karena telah menyelesaikan proses seleksi.

Baca: Siswi SMPN 1 Kudus Juara FL2SN Solo Song Tingkat Nasional

Sedangkan empat peserta yang mendaftar melalui Disnakerperinkop dan UKM Kudus saat ini masih menjalani seleksi. Ketika dianggap memenuhi syarat mereka akan diberangkatkan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah.

”Pemberangkatan program ini lewat kementerian. Selama magang mereka akan digaji,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.