Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Keterwakilan Perempuan Kurang, Pendaftaran Panwascam di Grobogan Diperpanjang

Keterwakilan Perempuan Kurang, Pendaftaran Panwascam di Grobogan Diperpanjang
Salah satu pendaftar panwascam di kantor Bawaslu Grobogan, Sabtu (24/9/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Keterwakilan perempuan dalam pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascsn) jadi perhatian. Di Grobogan contohnya. Jumlah perempuan yang mendaftar Panwascam kurang.

Dari 19 kecamatan, ada delapan yang belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan sebagaimana syarat yang ditetapkan. Delapan kecamatan tersebut yakni Purwodadi, Kedungjati, Tegowanu, Gabus, Geyer, Pulokulon, Karangrayung, dan Ngaringan.

Ketua Bawaslu Grobogan Fitri Nita Witanti mengatakan, perpanjangan pendaftaran nantinya bakal dilakukan selama sepekan. Bilamana tetap tidak terpenuhi, tahapan berikutnya terus dilanjutkan.

”Dimungkinkan ada perpanjangan karena belum terpenuhi keterwakilan perempuan, sebanyak 30 persen dari total pendaftar di delapan kecamatan,” ujar Fitri, Kamis (29/9/2022).

Baca: Bawaslu Grobogan Buka Pendaftaran Panwascam, PNS Boleh Ikut Lho

Fitri mengatakan, secara keseluruhan, sebenarnya pendaftar perempuan cukup banyak. Dari total 351 pendaftar, sebanyak 125 orang merupakan pendaftar perempuan dan sisanya sebanyak 226 orang, laki-laki.

Namun demikian, persebarannya tidak merata di seluruh kecamatan di Grobogan. Karena itu, pihaknya membuka opsi perpanjangan pendaftaran dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Fitri menegaskan, berdasarkan aturan yang ada, untuk pendaftar Panwascam bisa lintas kecamatan. Artinya, warga Kecamatan Purwodadi bisa mendaftar di Kecamatan Grobogan.

”Yang penting KTP masih Grobogan, jadi lintas kecamatan diperbolehkan,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan, Bawaslu Grobogan menerima berkas pendaftaran Panwascam sejak 21 September-27 September 2022.

Setelah lolos tahap administrasi, peserta nantinya akan mengikuti tes CAT dan wawancara sebelum ditentukan kelolosannya menjadi anggota panwascam.

 

Reporter: Saiful Anwar

Editor: Zulkifli Fahmi

 

Ruangan komen telah ditutup.