Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kemenkes Siapkan 250 Ribu Dosis Vaksin Miningitis

Kemenkes Siapkan 250 Ribu Dosis Vaksin Miningitis
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Biro Pers Kepresidenan)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sebanyak 250 ribu dosis vaksin miningitis pada awal Oktober mendatang. Hal ini untuk mengatasi kelangkaan vaksin tersebut di beberapa daerah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan jika ada laporan kelangkaan vaksin miningitis di sejumlah daerah, sehingga pihaknya bergerak cepat dan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pengadaan vaksin tersebut.

Pihaknya pun mengaku sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM untuk pengadaan vaksin miningitis itu.

”Ada 250 ribu nanti awal Oktober sudah dapat persetujuan BPOM baru nanti akan diberikan,” kata Budi, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (29/9/2022).

Baca: Stok Vaksin Miningitis Langka, Begini Penjelasan Dinkes Jateng

Menurut Budi, kelangkaan vaksin meningitis di sejumlah wilayah Indonesia terjadi karena produsen yang bekerja sama dengan Kemenkes belum bisa memenuhi permintaan pemerintah.

Saat ini, terdapat tiga pemasok vaksin meningitis halal di Indonesia, yaitu Bio Farma, Sanofi, dan PT Mersifarma.

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menambahkan kelangkaan vaksin meningitis di Indonesia disebabkan karena proses produksi vaksin membutuhkan waktu cukup lama yakni 5-6 bulan.

Selain itu, banyak negara dalam beberapa tahun terakhir fokus dalam penanganan pandemi Covid-19. Kemudian untuk kebutuhan jemaah umrah yang menyaratkan untuk divaksin meningitis.

Baca: Calon Jamaah Haji Kudus Disuntik Vaksin Meningitis

”Kita belum produksi vaksin meningitis, tapi kita kerjasama dengan produsen dari luar. Memang ada kelangkaan karena gap time produksi cukup lama sekitar 5-6 bulan. Tapi Alhamdulillah kemarin sudah datang 150 ribu dosis dan akan datang lagi secara bertahap. Totalnya sampai Desember ada 600 ribu dosis yang datang,” ujar dia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Ruangan komen telah ditutup.