Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Tangani Pandemi, PT Sukun Wartono Indonesia Utamakan Misi Kemanusiaan

Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto, (Murianews/tangkapan layar)

MURIANEWS, Semarang – PT Sukun Wartono Indonesia punya peran cukup banyak dalam penanganan bencana pandemi Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bahkan, perusahaan yang besar dari prduk rokok tersebut tak membatasi budget pengeluaran dana untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Hal tersebut terungkap dalam Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (KNPRBBK) XV Tahun 2022 dengan tema Peran Dunia Usaha Jawa Tengah Membangun Ketangguhan Komunitas yang digelar melalui zoom metting, Rabu, (28/9/2022) malam.

Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto mengatakan, PT Sukun merupakan salah satu perusahaan yang sejak dahulu juga sangat konsen dengan misi kemanusiaan. Salah satunya, penanganan hingga mitigasi bencana.

Baca: Ganjar Terharu dengan Rasa Kemanusiaan PT Sukun Wartono Indonesia

Terlebih, PT Sukun Wartono Indonesia berada di kabupaten yang setiap tahunnya kerap terjadi bencana seperti banjir, hingga tanah longsor.

”Pada saat pandemi Covid-19 yang begitu mencekam beberapa waktu lalu kami juga turut andil. Perusahaan support penuh untuk membantu berbagai pihak dalam penanganan Covid-19. Budgetnya juga tidak dibatasi,” katanya saat menjadi narasumber.

Disamping harus mengurus ribuan karyawan yang juga terdampak pandemi, sambung Deka, perusahaan juga harus membantu masyarakat, Dikarenakan saat itu memang sangat banyak masyarakat yang terdampak, mulai terkonfirmasi postitif, kontak erat, hingga terdampak perekonomian yang tersendat.

”Sembako kami berikan selama 14 hari isolasi dengan bantuan kerjasama dari desa dan komunitas pemuda. Di Rusunawa yang digunakan sebagai tempat isolasi terpusat juga kami berikan suplay makanan bekerjasama dengan kodam IV Diponegoro sesuai dengan gizi yang saat itu dibutuhkan,” jelasnya.

Kemudian, beberapa sektor yang perekonomiannya terdampak juga diberikan bantuan sosial. Salah satunya ratusan anggota ojek colo yang ketika itu sangat terdampak lantaran tidak ada peziarah yang datang.

Baca: Berusia 75 tahun, PT Sukun Wartono Indonesia Siap Hadapi Tantangan Zaman

”Saat  itu mereka belum tersentuh bantuan, akhirnya kami kirimkan bantuan sosial kepada mereka yang berjumlah sekitar 400 anggota,” ucapnya.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitas kesehatan di Kudus saat itu juga dibantu penuh dari perusahaan. Salah satunya yakni support sejumlah alat pelindung diri (APD) di sejumlah faskes.

”Saat  itu kami juga sangat terbantu dengan keberadaan sejumlah komunitas baik dari Muhammadiyah atau NU. Mereka sangat membantu kami dalam menyalurkan bantuan ke masyarakat luas,” imbuhnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.