Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas saat Berwisata ke Labuan Bajo

Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas saat Berwisata ke Labuan Bajo
Foto: Suasana Labuan Bajo (bumn.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Saat berwisata, tentu tidak hanya sekadar menikmati keindahan alam atau kuliner saja. Namun, membeli oleh-oleh juga menjadi sesuatu yang seolah wajib bagi wisatawan buat dibagikan pada tetangga, saudara atau teman.

Demikian pula saat wisata ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas setempat. Ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk buah tangan.

Oleh-oleh khas Labuan Bajo ini banyak ragamnya. Harganya pun bervariasi, mulai dari ribuan hingga puluhan ribu saja.

Baca juga: Wisata ke Bali, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas dari Pulau Dewata Ini

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa dibawa pulang? Berikut daftarnya, dilansir dari Kompas.com

Kompiang

Kuliner satu ini merupakan kudapan dengan rasa gurih dan berteksur lebih padat dibanding roti. Pada sisi atasnya terdapat taburan biji wijen dan lubang ditengahnya diisi berbagai rasa.

Kompiang sudah sejak lama dijadikan oleh-oleh masyarakat NTT setiap bepergian ke luar kota. Untuk harganya, kuliner satu ini dibanderol mulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 9.000, tergantung varian rasa.

Pia Bajo

Pia Bajo punya rasa yang mirip perpaduan pia khas Bali dan Malang. Jajanan ini punya tiga varian rasa, yaitu keju, kacang hijau dan cokelat. Untuk varian paling laris adalah pia cokelat.

Kopi

Kopi jadi salah satu minuman favorit di masyarakat Indonesia. Di wilayah Manggarai terkenal dengan biji kopinya yang khas. Di sini wisatawan dapat menjumpai banyak toko yang menjajakan bubk kopi siap saji, baik robusta maupun arabika.

Beragam UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) menjajakan bubuk kopi terbaiknya. Salah satunya adalah Kopi Tubruk Rempah dari Kopito yang dihargai dari Rp 15.000.

Selanjutnya ada juga biji kopi Manggarai asli yang diproduksi Beta Kopi Bajo yang dibanderol 46.000 untuk kemasan 200 gram. Selain itu untuk kopi Arabika Manggarai dijual mulai dari Rp 85.000 dan bubuk kopi Robusta Manggarai dijual mulai Rp 60.000 oleh Ponan Coffee.

Olahan Ikan

Labuan Bajo yang merupakan daerah pesisir tentu punya beraneka olahan ikan laut. Olahan ini dapat dijumpai dalam bentuk abon, se’i, koya, dan aneka sambal.

Dari Koro Dhega menjual sambal ikan asap cakalang yang dihargai mulai dari Rp 25.000 untuk kemasan 150 gram. Lalu untuk abon ikan dari Indo Latifa dijual dari Rp 30.000, dan sambal ikan asin dari Sambal Kapten yang dibanderol mulai dari Rp 35.000.

Madu Hutan

Madu hitam kualitas premium juga tersedia pada beberapa UMKM di Labuan Bajo. Seperti madu hitam dari Mbojo Honey, yang dibanderol mulai dari Rp 150.000 untuk ukuran 300 mililiter.

Olahan Daun Kelor

Sebagai tumbuhan herbal, daun kelor punya segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah menghambat pertumbuhan sel kanker. Di Labuan Bajo, daun kelor ini diolah oleh UMKM menjadi camilan stik dan tepung. Kemasan stik kelor ukuran 150 gram dibanderol mulai Rp 30.000, sementara tepung kelor ukuran 120 gram dibanderol mulai dari Rp 20.000.

 

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.