Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Aman saat Membonceng Motor Sport yang Penting Diketahui

Ini Cara Aman saat Membonceng Motor Sport yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi boncengan dengan motor sport (Jim Black dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mengendara motor sambil berboncengan sudah merupakan pemandangan yang biasa. Namun, banyak pengendara yang belum memperhatikan keselamatan di jalan raya.

Misalnya, ada yang berboncengan lebih dari satu orang dewasa. Hal ini, selain melanggar aturan lalu lintas juga berpotensi mengundang bahaya.

Oleh sebab itu, bagi pengendara motor penting memiliki pengetahuan berkendara, termasuk saat berboncengan. Terutama lagi, ketika memboncengkan orang menggunakan motor sport yang ukurannya lebih besar dari motor biasa.

Baca juga: Ini Ukuran Tekanan Angin Ban yang Ideal buat Motor Matik

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara aman untuk Anda ketika membonceng penumpang di motor sport, seperti dikutip dari Suzuki.or.id, Rabu (28/9/2022).

1. Persiapan Berboncengan

Pada saat Anda akan membawa penumpang, tentunya beban yang akan Anda bawa pada motor akan bertambah. Bagi Anda yang terbiasa mengendarai motor sport sendirian, tentu tidak akan terlalu mempermasalahkan angin isi ban.

Berbeda ketika berboncengan Anda harus menambah isi angin pada ban motor. Saat persiapan juga, bagi Anda yang membonceng perlu ketahanan untuk mengendalikan motor saat penumpang akan naik pada boncengan.

2. Posisi Duduk Penumpang

Adapun bagi beberapa orang yang tidak terbiasa menaiki motor sport utamanya, setidaknya berikan sedikit informasi. Paling utama adalah soal posisi duduk. Adapun saat duduk jangan sampai miring sebelah atau gunakan pijakan kaki yang tersedia dan jangan sampai memijak pada knalpot.

Adapun yang merupakan terpenting dan perlu diperhatikan saat membonceng penumpang agar aman, adalah dengan berkendara yang baik dan benar. Cara aman saat berkendara apalagi membawa penumpang adalah harus dengan lebih halus, apalagi ketika perpindahan gigi dan memutar tuas gas. Jangan lupa perkiraan dan pertimbangan akselerasi kopling dan rem.

Demikianlah cara aman membonceng penumpang dengan motor sport. Sekian dan semoga bermanfaat!

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.