Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tarif Parkir di Grobogan: Motor Rp 1000, Mobil Rp 2000

Tarif Parkir di Grobogan: Motor Rp 1000, Mobil Rp 2000
Suasana Rapat Forum Fasilitasi Penegakan Peraturan Daerah di Ruang Wabup Grobogan, Rabu (28/9/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Dinas Perhubungan (Dishub) Grobogan menegaskan kembali tarif parkir motor dan mobil di wilayah tanggung jawabnya. Untuk parkir motor Rp 1000 dan mobil Rp 2000.

Itu sesuai dengan Perda Nomor 2 tahun 2012 dan Perda Nomor 3 tahun 2012. Di mana, tarif retribusi parkir sebesar Rp 1000 untuk motor, Rp 2000 untuk mobil kecil, Rp 2.500 untuk mobil sedang, dan Rp 3 ribu untuk mobil besar.

Penegasan itu diungkapkan Kabid Prasarana dan Keselamatan Dishub Grobogan Happi Nugrah Suspantara, dalam Rapat Forum Fasilitasi Penegakan Peraturan Daerah di Ruang Wabup Grobogan, Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan, sebenarnya sudah terdapat aturan mengenai tarif parkir tersebut. Namun, di lapangan, sering terdapat oknum juru parkir yang melanggar.

”Sering ada temuan di tepi jalan umum, (oknum juru parker) jarang ngasih (memberikan) karcis. Kemudian, yang harusnya dua ribu jadi tiga ribu,” ujarnya.

Baca: Diduga Terlibat Korupsi, Eks-Ketua TPK Jetaksari Grobogan Ditahan Kejari

Namun, sejauh ini belum ada sanksi terhadap juru parkir tersebut. Sebab, di Perda dan Perbup yang ada belum terdapat penegasan sanksi terhadap oknum juru parkir itu.

Menurutnya, perlu ada penegasan terhadap juru parkir yang nakal itu. Di mana, perlu dilakukan perubahan dalam Perda dan Perbup untuk mengatur pemberian sanksi.

”Regulasinya akan dilakukan perubahan, salah satunya sanksi juru parkir. Selama ini, belum ada di Perbup. Rencana disusun kembali untuk menutupi kekurangan regulasi-regulasi,” kata dia.

Pihaknya meminta pada masyarakat, apabila ada oknum juru parkir yang meminta lebih dari ketentuan agar dilaporkan.

”Kalau minta lebih, tidak usah dikasih. Di rompinya (juru parkir) kan sudah dituliskan, mintalah karcis dan bayar sesuai ketentuan,” imbuhnya.

Happi menyebut, setiap titik parkir berbeda-beda pengelolanya. Adapun yang dikelola Dishub hanya di tepi jalan umum, terminal dan pangkalan truk.

Sementara, untuk rumah sakit, pasar, pusat kuliner, GOR, rumah makan, tempat olahraga, dan titik lain tanggung jawabnya ada dinas terkait yang lain.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.