Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Terjerat Kasus Korupsi, Dispermades Tunjuk Sekdes jadi Plt Kades Berjo

Kades Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Suyatno, hendak memasuki mobil dengan tangan diborgol, Selasa (27/9/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

MURIANEWS, Karanganyar – Kasus korupsi yang menjerat Kepala Desa (Kades) Berjo Suyatno direspon cepat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar. Salah satunya dengan menunjuk Sekdes Berjo sebagai Plt Kades setempat.

Penggantian sementara ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan guna pelaksanaan tugas pemerintahan. Apalagi Kades Berjo Suyatno resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar atas kasus dugaan korupsi pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Selasa (27/9/2022).

Kepala Dispermades Karanganyar Sundoro Budi Karyanto mengatakan segera memproses penghentian sementara Kades Berjo.Pihaknya juga sudah bersurat dengan kejaksaan untuk mengirimkan surat penahanan.

”Kami sudah bersurat dan tinggal menunggu dari kejaksaan. Kami menunggu surat penahanan, ” ujar dia, Rabu (28/9/2022).

Surat penahanan ini menjadi dasar penghentian sementara jabatan Kades Berjo. Untuk mengisi kekosongan jabatan Kades setempat, pihaknya menunjuk sementara sekdes Berjo.

Sekdes ditunjuk sebagai Plt menjalankan kegiatan serta berkaitan surat menyurat desa Berjo. Jika surat penahanan diterima barulah pihaknya memberhentikan Kades Berjo.

Kades Berjo akan diberhentikan sementara dan menunjuk penjabat (Pj) Kades Berjo sampai menunggu kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Diketahui Kades Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Suyatno memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, Selasa (27/9/2022).

Pada pemanggilan pertama pada Selasa (20/9/2022), Suyatno mangkir dengan alasan sakit demam dan flu. Pada pemanggilan kedua, Suyatno datang ke Kantor Kejari sekitar pukul 09.00 WIB didampingi pengacaranya, Ari Santoso.

Ia menjalani pemeriksaan selama tiga jam hingga sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya ia menjalani tes kesehatan dan tes antigen di RSUD Karanganyar. Hasilnya, tersangka dinyatakan sehat dan negatif Covid-19. Suyatno langsung ditahan di Rutan Kelas 1 Solo.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.