Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Puluhan Ribu Kendaraan di Kudus Tak Tertib Pajak

Warga membayar pajak kendaraan di Samsat Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang tak tertib pajak ternyata sangat banyak. Jumlahnya mencapai puluhan ribu kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Data di Unit Pengelolaan Pendapan Daerah (UPPD) Samsat Kudus totalnya ada 61.673 kendaraan yang menunggak pembayaran pajak dalam tiga tahun terakhir, yakni dari tahun 2019-2021.

Jumlah tersebut belum termasuk tunggakan pajak kendaraan bermotor yang terjadi di tahun 2022 ini.

Sukatmo, Kasi PKB UPPD Samsat Kudus mengatakan, dari tunggakan pajak dengan total 61 ribu lebih objek kendaraan tersebut nilainya mencapai lebih Rp 14,64 miliar.

Sebanyak Rp 7,9 miliar di antaranya merupakan tunggakan dari 55.803 kendaraan roda dua. ”Untuk roda empat ada 5.870 kendaraan atau senilai Rp 6,72 miliar,” katanya, Rabu (28/9/2022).

Ia menjelaskan, ada sejumlah faktor yang memengaruhi banyaknya tunggakan pajak yang terjadi. Seperti kondisi pandemi yang mengakibatkan perekonomian masyarakat goyah menjadi salah satu faktornya.

Baca: Woro-Woro! Pemutihan Pajak Kendaraan di Jateng Dimulai Hari Ini

Selain itu, kendaraan yang sudah rusak berat, hingga kendaraan yang hilang namun tidak pernah dilaporkan.

”Ada juga dikarenakan kendaraanya beralih fungsi, kendaraan dijaminkan utang juga jadi salah satu faktornya,” ujarnya.

Meski demikian, saat ini jumlah penunggak pajak kendaraan tersebut mulai berkurang setelah adanya program pembebasan denda di Jawa Tengah.

Pihaknya juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk door to door ke rumah pemilik kendaraan mengingatkan tentang adanya tunggakan pajak tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.