Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Wisata di Telaga Kumpe, Tempat Asyik Main Sampan yang Tersembunyi di Banyumas

Wisata di Telaga Kumpe, Tempat Asyik Main Sampan yang Tersembunyi di Banyumas
Foto: Asyiknya wisata di Telaga Kumpe Banyumas, Jawa Tengah (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Banyumas – Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan. Kawasan Baturaden merupakan salah satu tempat wisata favorit di Banyumas.

Selain itu, ada juga curug atau air terjun yang menawan di Banyumas. Ada banyak curug yang bisa dikunjungi di sana.

Kemudian, ada satu tempat lagi yang juga layak untuk jadi tempat liburan di akhir pekan atau hari libur. Yakni, Telaga Kumpe yang terletak di Gununglurah, Cilongok, Banyumas.

Baca juga: Refresing ke Curug Bayan Banyumas, Sejuknya Air Alami Bikin Pikiran Segar Kembali

Lokasi telaga ini berada di kaki Gunung Slamet yang tersembunyi dan masih asri. Dinamai Telaga Kumpe karena di sekitar telaga tumbuh tanaman bernama kumpe. Konon kumpe ini hanya tumbuh di Telaga Kumpe dan di daerah Kaligua Brebes.

Melansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, untuk sampai ke Telaga Kumpe memerlukan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Purwokerto. Akses jalan menuju Telaga Kumpe sudah beraspal.

Namun, cukup menantang dengan jalan yang berliku, agak sempit, menikung tajam, dan menanjak. Pastikan kendaraan yang digunakan siap untuk medan seperti itu.

Perjalanan yang menantang terbayar dengan pemandangan yang masih sangat alami. Pohon yang sangat rindang, air yang jernih, dan udara yang begitu segar. Begitu jernihnya air di Telaga Kumpe sampai ikan yang hidup di dalamnya pun terlihat. Pohon-pohon di sekelilingnya pun terpantul ke permukaan telaga. Sungguh memanjakan mata, mendamaikan jiwa.

Apalagi saat berkabut, suasana romantis siap ikut menyambut. Jangan lupa harus mencoba menaiki sampan yang bisa disewa. Cukup bermodal Rp 5.000 per orang, kamu bisa menyewa sampan dan mendayung mengelilingi Telaga Kumpe seperti Farel dan Luna di film My Heart.

Sampan yang disediakan juga ada yang kecil dan besar. Waktu penyewaan sampannya juga tidak dibatasi, asal tidak ramai pengunjung saja. Untuk biaya masuk Telaga Kumpe juga murah, hanya Rp 5.000 per orang.

Telaga Kumpe ini cocok untuk quality time dengan pasangan, pengambilan foto prewedding, atau hanya sekedar ingin melepas penat dengan sahabat.

Jika takut naik sampan, pengunjung bisa menikmati pemandangan telaga dari pinggir. Ada jembatan yang bisa dijadikan tempat untuk berswafoto. Selain itu, juga ada beberapa gazebo untuk duduk santai dan warung yang menyediakan makanan. Jangan lupa memesan mendoan dengan teh atau kopi hangat. Perpaduan makanan itu sangat cocok dengan udara sejuk di sekitar Telaga Kumpe.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.