Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelaku UMKM di Kudus Dilatih Pemasaran Secara Digital

Pelatihan digital marketing untuk pelaku UMKM di Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kudus, Jawa Tengah bersama Bank Mandiri melaksanakan pelatihan digital marketing kepada pelaku UMKM di Hotel Poroliman Kudus, Selasa-Rabu (27-28/9/2022).

Wicaksono Hario Putro, Vice President-Transaction Banking Retail Head Bank Mandiri Region VII (Jateng-DIY) mengatakan, pihaknya mempromosikan digital marketing menggunakan aplikasi market place bernama MALLEE. Aplikasi tersebut dibuat oleh Bank Mandiri dan tidak jauh berbeda seperti marketplace pada umumnya.

”Di marketplace MALLEE ini sama seperti yang sudah ada seperti Tokopedia. Ada menu pemesanan, digital marketing, perpajakan, akuntansi, dan menu lainnya,” katanya, Selasa (27/9/2022).

Lebih lanjut, pihaknya berniat mengajarkan cara mempromosikan produk UMKM. Selain itu juga cara membuat konten kreatif untuk di-upload di Instagram, Facebook, dan TikTok.

”Mulai bagaimana cara memfoto yang bagus untuk produk, membangun narasi untuk captionnya, dan cara memasarkan juga di Whatsapp dan Telegram juga,” sambungnya.

Baca: Pembangunan Omah UMKM Kudus Rampung, Beroperasi Tahun Depan

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, di era digital penggunaan teknologi informatika sangat penting untuk memasarkan  produk. Pihaknya memberikan sosialisasi kepada 50 pelaku UMKM.

”Tujuannya untuk menambah pengetahuan bagi pelaku UMKM terkait pemanfaatan teknologi informatika. Mereka diedukasi memasarkan produk secara online,” jelasnya.

Menurutnya, pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari ini dan besok (26-27/9/2022). Terkait narasumber, pihaknya memilih menggandeng Bank Mandiri dan dari PT Humanika Solusi Yogyakarta.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.