Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penyaluran BSU Capai 48,3 Persen, BLT BBM 95,9 Persen

Presiden Jokowi usai menyerahkan BSU (tangkapan Layar)

MURIANEWS, Bau Bau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) ke para pekerja di Kabupaten Bau Bau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/9/2022). dalam penyerahannya, Jokowi didampingi oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menjelaskan jika penyaluran BSU ini sudah semakin baik dan sudah banyak menyasar ke pekerja.

”Kita menyaksikan pemberian BSU, bantuan subsidi upah kepada para pekerja di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Bu Menteri Tenaga Kerja,” kata Presiden Jokowi, dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/9/2022).

Baca: Pekerja Tidak Masuk Jamsostek Haram Dapat BSU 

Presiden Jokowi menuturkan, sampai saat ini secara nasional BSU sudah tersalurkan kepada 7.077.550 pekerja atau sebanyak 48,3 persen.

”Dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya liat sangat baik,” ujar Jokowi.

Adapun terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai dampak penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), katanya, realisasinya telah mencapai 19,7 juta orang atau 95,9 persen.

”Akhir tahun pasti selesai, Insya Allah,” ucapnya.

Sementara Ida Fauziyah mengatakan, BSU disalurkan kepada para pekerja dari Sabang sampai Merauke yang memenuhi ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022. Adapun untuk calon penerima manfaat BSU yang ada di Sulawesi Tenggara sebanyak 79.675 pekerja.

Baca: Kemnaker Salurkan BSU Tahap Awal kepada 5 Juta Penerima

”Total penerima (BSU sampai dengan tahap III) di Sulawesi Tenggara ada 19.286 orang, sudah 24,21 persen,” kata Menaker

Menaker mengatakan, pihaknya saat ini masih menyalurkan BSU kepada para pekerja dilakukan secara bertahap.

”Setiap minggu (disalurkan kepada) 1 juta, 2 juta (penerima BSU). Insya Allah dalam kurun 1 bulan mungkin Pak Presiden kita bisa selesaikan,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Sekretariat Presiden

Ruangan komen telah ditutup.