Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jatim

94 Jemaah Umrah Telantar di Bandara Juanda Surabaya

94 Jemaah Umrah Telantar di Bandara Juanda Surabaya
Petugas memeriksa kelengkapan calon jamaah umrah saat memasuki Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/3/2022)

MURIANEWS, Surabaya – Sebanyak 92 jemaah umrah yang hendak berangkat ke Tanah Suci, dilaporkan telantar di Bandara Juanda, Surabaya.

Pemberangkatan mereka gagal lantaran tidak ada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan.

Kabar mengenai terlantarnya 92 jemaah Umrah itu dilaporkan oleh Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri).

Baca: Biro Haji yang Telantarkan 46 WNI Ternyata Pernah Bermasalah

Kepala Bidang Amphuri, Zaky Zakaria mengatakan, kegagalan jemaah umrah yang hendak berangkat ke tanah suci ini bukan kali pertama.

”Kemarin, 26 September, KKP Juanda kembali mengakibatkan kegagalan jemaah umrah sebanyak 94 orang,” ujarnya, dikutip dari solopos.com, Selasa (27/9/2022).

Namun pada kegagalan kali ini, Zaky menyampaikan bahwa seluruh jemaah telah memenuhi persyaratan dan kelengkapan dokumen.

Kendati demikian, masih ada kendala dari petugas KKP yang tidak ada di lokasi saat para jemaah hendak berangkat dari Bandara Juanda.

Baca: Kemenag dan PPIU Bahas Kebijakan Umrah 1444 H, Ini Hasilnya

Calon jemaah umrah yang telah tiba di bandara sejak dini hari menunggu petugas KKP untuk mendapatkan cap sebelum masuk ke imigrasi.

”info dari Ketua Amphuri Jatim setelah meminta konfirmasi ke Imigrasi Juanda, pihak imigrasi sudah berusaha menelpon pihak KKP tetapi baru terangkat jam 7 pagi dengan alasan silent,” jelasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.